NAMLEA, Siwalimanews – Rektor Uniqbu Muh Sehol mengungkapkan, pada tahun ajaran baru ini, sebanyak 69 mahasiswanya akan memperoleh Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP-K) dari Kementerian Pendidikan.

“Dulu itu namanya beasiswa Bidikmisi sekarang berubah menjadi beasiswa KIP Kuliah. Untuk Uniqbu, jumlah penerima mengalami peningkatan dimana sebelumnya hanya 25 mahasiswa pada tahun lalu, ditahun ini naik menjadi 69 mahasiswa,” ungkap rektor saat ditemui Siwalimanews di ruang kerjanya.

Dikatakan, dengan bertambahnya jatah penerimaan beasiswa KIP Kuliah, dengan demikian dalam 4 tahun terkahir ini sudah 180 mahasiswa yang menerima beasiswa ini.  Dari jumlah tersebut 30 mahasiswa angkatan pertama tahun 2017 telah menyelesaikan studinya dan diwisuda pekan lalu dengan IPK rata-rata 3,4 dalam 4 tahun masa studi.

Untuk mahasiswa baru yang berhak atas beasiswa KIPK-K ini kriterianya adalah, berasal dari keluarga kurang mampu, kemudian saat dibangku SMA/SMK mereka juga tercatat sebagai pemegang KIP.

“Nantinya mereka yang terseleksi sebanyak 69 orang ini kuliah gratis dan juga dapat Rp 700 ribu/bulan,” tuturnya.

Baca Juga: Gegana Latih Kemampuan Pengenalan Alat 

Dijelaskan, pada tahun ajaran baru ini Uniqbu menargetkan akan merektur 500 mahasiswa baru yang tersebar pada 8 fakultas dan 17 program studi dan saat ini sudah lebih dari 50 persen yang sudah mendaftar dan diyakini target itu akan tercapai.

“Kita masih buka pendaftaran gelombang berikut. Khusus untuk Prodi Teknik Sipil sudah ditutup, karena peminatnya telah melebihi kuota,” paparnya.

Ia menghimbau bagi para orang tua agar tidak ragu melepas anak mereka kuliah di Uniqbu. Universitas ternama di Buru ini seluruh prodinya telah terakreditasi dan tenaga dosennya juga telah menyandang S2 dan S3 dan mereka ini adalah alumni dari PTN ternama di Indonesia.

Menyoal khusus bidang kemahasiswaan, Sehol menjelaskan, tercatat beberapa torehan prestasi mahsiswa Uniqbu. Secara akademik, terjadi peningkatan rata-rata IPK lulusan untuk mahasiswa yang diwisuda tahun 2020 yaitu dari rata-rata IPK 3,04 tahun 2019 lalu menjadi 3,27 pada tahun ini.

Beberapa mahasiswa Uniqbu telah berhasil pula meraih prestasi-prestasi dalam ajang kompetisi mahasiswa, di antaranya, peringkat pertama perolehan dana hibah PKM tingkat LLdikti 12, Juara harapan 1 debat Bahasa Inggris Tingkat LLDikti 12, dan salah satu mahasiswa FKIP berhasil menjadi juara 2 pemilihan mahasiswa berprestasi tingkat LLdikti 12 di Ambon.

Ditingkat Nasional, salah satu mahasiswa Uniqbu dari Fakultas Sastra berhasil mewakili Uniqbu mengikuti lomba kepemimpinan dasar tingkat nasional di Jakarta dan pada tahun ini juga terdapat tiga mahasiswa dari Fakultas Sastra dan satu mahasiswa Fakultas Teknik Uniqbu berhasil lolos menjadi Duta Bahasa Maluku.

Ditambahkan, bahwa jumlah alumni Uniqbu saat inio sebanyak 3.123 orang, yang telah bekerja di berbagai sektor di seluruh Indonesia, dan lebih khususnya lagi di Kabupaten Buru. (S-31)