AMBON, Siwalimanews – Pasien positif Covid-19 berinisial JH (77) yang selama ini dirawat di RSUD dr M Haulussy Ambon meninggal dunia pada, Jumat (17/7) pukul 22.35 WIT.

Informasi yang berhasil dihimpun Siwalimanews di RSUD dr M Haulussy menyebutkan, pasien ini masuk RSUD pada 16 Juni dengan keluhan penyakit hepatitis dan dirawat inap di ruang ICU.

Namun, setelah dilakukan rapid test hasilnya reaktif, sehingga pasien kemudian dipindahkan dari ruang ICU menuju ruang isolasi pasien Covid-19 guna penanganan medis sesuai protokol  penanganan corona virus, beberapa hari kemudian hasil Swab milik pasien dari BTKLP-PP Ambon keluar dan hasilnya positif Covid-19.

“Pasien ini dirawat di RSUD dr M Haulussy kurang lebih 1 bulan 2 hari dan ia telah dinyatakan positif covid 19 melalui hasil swab yang keluar dari BTKL PP Ambon,” ungkap sumber tersebut.

Nantinya pada Jumat (17/7) Pukul 23.15 WIT pasien meninggal dunia di ruang isolasi RSUD dr Haulussy. Sebelum dilakukan pemulasaran jenazah secara protop Covid-19 pihak keluarga diberi penjelasan agar jenazah tersebut dimakamkan sesuai SOP penanganan jenazah Covid 19 sekaligus menyerahkan bukti swab dari BTKL PP kepada keluarga dan keluargapun menerimanya.

Baca Juga: Manullang: Masih Banyak Warga tak Patuhi Patrokol Kesehatan

Pemakaman sendiri baru dilakukan pada Sabtu (18/7) dini hari Pukul 02.50 WIT, Jenazah diantar menggunakan mobil jenazah milik RSUD dr Haulussy yang dikawal oleh personil kepolisian menuju TPU khusus  Covid-19 di Desa Hunuth.

Sementara itu, Ketua Harian Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Maluku Kasrul Selang yang dikonfirmasi Siwalimanews melalui telepon selulernya, Sabtu (18/7) membenarkan bahwa pasien atas nama JH meninggal dunia di RSUD dr M Haulussy pada Kamis (17/7) pukul 22.35 menit dengan diagnosa Covid-19.

Almarhum tercatat masuk RSUD pada 16 Juni dengan penyakit bawaanya hepatitis, dan  setelah menjalani perawatan, pada hari Kamis (17/7) meninggal dunia. Jenazah almarhum sendiri telah dimakamkan di TPU Khusus Covid-19 di Desa Hunuth pagi tadi.

“Pihak Gustu sendiri telah memberikan pemahaman kepada keluarga korban dan keluargapun setuju untuk dimakamkan sesuai SOP pemakaman jenazah Covid, sehingga tadi jam 6 pagi dimakamkan di TPU Khusus di Desa Hunuth,” jelas Kasrul.

Atas nama Gugus Tugas dan Pemprov Maluku Kasrul menyampaikan rasa duka yang mendalam kepada keluarga yang ditinggalkan. Semoga almarhum diterima disisi Tuhan. (S-39)