AMBON, Siwalimanews – Dinas Pendidikan Kota Ambon belum bisa memastikan apakah pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tingkat SD/MI dan SMP/MTs yang rencananya dilaksanakan bulan April  mendatang terlaksana.

Hal ini disebabkan karena, pengaruh virus Covid-19 yang melanda dunia termasuk di Kota Ambon, sehingga jadwal pelaksanaan UNBK tersebut harus dikoordinasikan kembalikan dengan Pemerintah Provinsi Maluku maupun dengan Kementerian Pendidikan.

“UNBK ini kan pusat jadi nanti koordinasi dari dinas pendidikan ke provinsi baru kita bisa mendengar hasilnya,” jelas Kepala Dinas Pendidikan Kota Ambon, Fahmy Salatalohy dalam pertemuan di Balai Kota Ambon, Selasa (17/3).

Dijelaskan, Dinas Pendidikan Kota Ambon akan konfirmasi kembali dengan Pemerintah Provinsi Maluku.

“Sampai hari ini masih dalam proses.karena akan konfirmasi hal tersebut dengan provinsi dan kemudian akan mendengar hasilnya,” tutur Salatalohy.

Baca Juga: Walikota: Proses Belajar Mengajar Ditiadakan di Sekolah

Selain itu, katanya, untuk pelaksanaan UNBK juga, pihak Dinas Pendidikan Kota Ambon akan melihat kondisi dan situasi yang terjadi saat ini.

6 Siap Ikut UNBK

Salatalohy sebelumnya mengungkapkan, Ujian UNBK akan di gelar pada 25 April 2020, untuk siswa SMP tercatat 6.342 siswa.

“UNBK akan dilaksanakan pada bulan April sekitar tanggal 25 April, tercatat sebanyak 6.342 siswa SMP dan 6.202 siswa SD yang mengikuti UNBK di Kota Ambon,” jelas Salatalohy kepada Siwalima di Ambon, Senin (9/2).

Kendati demikian, ujarnya, ada sekolah yang tidak dapat mengikuti UNBK tetapi ujian tulis kertas.

“Ada dua sekolah SMP yang tidak ikut UNBK tetapi ujian nasional berbasis kertas dan pensil yaitu, SMP Gemah 7 dan SMP Oikumene Ambon,” katany.

Ia mengungkapkan, untuk SMP Gemah 7 dan SMP Oikumene jum lah siswanya sedikit sehingga tidak bisa dilaksanakan UNBK.

“Untuk SMP Oikumene Ambon, jumlah siswa hanya 12 orang. Jadi dinas yang mengurus segala data dan kelengkapan lainnya,” katanya.

Untuk diketahui, sebanyak 49 dari 50 SMP/MTs yang ada di Kota Ambon akan mengikuti UNBK bulan April mendatang. Sesuai jadwal UNBK SMP/MTs berlang­sung 20-23 April dengan mata pelajar, Bahasa Indonesia, Mate­matika dan Bahasa Inggris. (Mg-6)