AMBON, Siwalimanews – Mutu pendidikan di Fakultas Hukum Universitas Pattimura diakudi dunia dengan diterimanya sistem manajemen mutu dari International Organization for Standardization (ISO) berupa sertifikat ISO 9001:2015.

Ketua Unit Penjaminan Mutu Fakultas Hukum Unpatti, Jemmy J Pietersz dalam rilis yang diterima siwalima mengatakan, aktivitas penilaian Re-Sertifikasi ISO 9001:2015 bertujuan untuk melakukan penilaian sertifikasi ulang untuk memastikan unsur-unsur dari ruang lingkup pendaftaran yang persyaratan standar manajemen secara efektif ditangani oleh sistem organisasi manajemen dan untuk mengonfirmasi rencana strategi ke depan.

“Kegiatan audit untuk memastikan tindakan manajemen mutu pada semua aktivitas di fakultas yang dilaksanakan sesuai SOP, standar mutu dan peluang serta tindakan sebagai langkah antisipasi, apabila terjadi risiko, dalam hal ini segala upaya  mitigasi risiko yang akan terjadi dalam memberikan layanan kepada pemangku kepentingan, yaitu bagaimana mahasiswa benar-benar dilakukan sesuai standar ISO 9001:2015,” jelasnya.

Untuk itu ia disampaikan terima kasih kepada Wakil Dekan Bidang Studi Program Akademik dan para ketua serta unsur penunjang yang mencakup laboratorium hukum, lembaga bantuan hukum, perpustakaan dan pusat-pusat kajian serta koordinator tata usaha beserta bidang akademik, bidang umum dan BMN, bidang kemahasiswaan, bidang keuangan dan kepegawaian yang telah membantu menjalankan sejumlah kegiatan demi peningkatan Fakultas Hukum.

Sementara itu, Lead Auditor BSI  Re-Certification, Andri Sulendra menambahkan, bahwa Fakum kini dapat menerapkan ISO 9001:2015 untuk 3 tahun kedepan.

“Yang tentu dengan tetap memperhatikan hal-hal yang terkait dengan peningkatan kualitas penerapan sistem manajemen mutu,” ujarnya. (S-25)