CLOSE AD

6.725 Siswa SMK Laksanakan UNBK

AMBON, Siwalimanews – sebanyak 6.725 siswa SMK di Ma­luku melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) yang ditandai dengan pembukaan amplop oleh Gubernur Maluku, Murad Ismail di pusatkan di SMK 5 Ambon di Wailela, Senin (16/3).

Amplop berisi nomor token, oleh gubernur dimasukkan ke server kom­puter. Sebelum nomor token di­masukan, gubernur terlebih da­hulu memberikan arahan singkat kepada 24 peserta UNBK sesi pertama di SMK 5 Ambon, di ruangan UNBK yang terletak di lantai 2 gedung sekolah tersebut.

Gubernur dalam arahan singkat mengingatkan, para peserta ujian untuk lebih dahulu berdoa sebelum mengerjakan soal-soal di komputer.

“Berdoa terlebih dahulu supaya bisa laksanakan soal dengan baik. Karena yang bisa mengubah nasib itu Yang Maha Kuasa,” ujar gube­rnur singkat

Saat itu, hadir juga Plt Kepala Di­nas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Maluku, Insune Sangadji dan Kepala SMK 5 Ambon, Elsina Aulalal, disaksikan para guru dan staf yang hadir.

Usai memberikan arahan sing­kat, salah seorang siswa peserta UNBK maju kedepan dan memim­pin doa sebelum memulai proses UNBK.

Plt Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Maluku, Insune Sangadji ketika di konfir­masi terkait dengan evalusi pelaksanan UNBK di hari pertama, dengan mata pe­lajaran bahasa indonesia me­ngaku semua berja­lan dengan aman dan lancar.

“Hari pertama pelaksanan UNKB SMK berjalan lancar, tidak ada kendala teknis seperti lampu padam atau gangguan jaringan in­ternet, semua lancar,” ujarnya singkat.

6.725 Siswa SMK

Sebanyak 6.725 siswa sekolah me­nengah kejuruan (SMK) di Ma­luku Senin (16/3) akan mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). UNBK dilaksanakan mulai 16/19 Maret 2020.

UNBK  tingkat SMK ini rencana­nya akan dibuka secara resmi oleh Gubernur Maluku Murad Ismail. Dimana pembukaan sampul ujian akan dilaksanakan  di SMK Negeri 2 Ambon.

“Jadi kita pastikan seluruh siswa SMK di Maluku tahun 2020 akan melaksanakan UNBK dan tidak ada yang melaksanakan Ujian Nasional Kertas Pensil (UNKP),” tegas Plt Kadis Pendidikan dan Kebudayaan (PK) Maluku Insune Sengadji kepada wartawan di ruang kerjanya Jumat (13/3).

Ia menjelaskan dari jumlah 6.725 siswa yang akan mengikiti UNBK tahun 2020 itu tersebar di 11 kabupaten dan kota. Dimana Kota Ambon sebanyak 2.559 orang, Kota Tual 384 orang, Kabupaten Malteng 540 orang, Kabupaten Buru 617 orang dan  Kabupaten Maluku Tenggara 451 orang.

Selanjutnya Kabupaten Kepu­lau­an Tanimbar 415 orang, Kabu­paten SBB 344 orang, Kabupaten Kepulauan Aru 376 orang, Ka­bupaten Buru Selatan 309 orang dan Kabupaten MBD 286 orang.

“Kami pastikan 113 SMK di 11 kabupaten/kota seluruhnya melak­sanakan UNBK,” tegas Sangadji. (S-39)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *