AMBON, Siwalimanews – Masuk 2021, beberapa desa/negeri yang berada di Kecamatan Leitimur Selatan (Leitisel) akan dengan mudah mengakses internet.

Walikota Ambon, Richard Louhenapessy mengatakan, Telkom telah siap untuk memfasilitasi lembutan Fiber Optik guna untuk mempermudah pengaksesan internet. dan Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon, akan menindaklanjuti dengan mendorong sarana dan prasarana.

“Dalam waktu dekat lewat Kominfo, itu akan menyiapkan unit-unit masyarakat yang ada di desa/negeri lewat mengoptimalkan peranan dari BUMDes dalam bentuk kerjasama dengan Kominfo untuk memfasilitasi fasilitas internet pelayanan IT kepada masyarakat,” papar Louhenapessy, di Ambon, Selasa (1/12).

Diakui Walikota, hal tersebut justru kurang menguntungkan bagi PT. Telkom Indonesia sendiri. Namun, dalam perspektif politik hal tersebut justru tak terhitung tetapi masyarakat berhak untuk mendapatkan fasilitas dimaksud guna menambah wawasan masyarakat.

“Beberapa waktu lalu, saya menghadap Kementerian Kominfo, Komisaris dan Direksi Telkom, saya bicara. Saya bersyukur Telkom sudah siapkan fiber optic yang memudahkan kita bisa kembangkan sarana prasarana internet dari Hukurila, Ema, Kilang, Naku, Hatalai, Siwang, Seri. Itu 7 lokasi yang sedang kita dorong,” jelasnya.

Baca Juga: Kapolda Minta Bawaslu MBD Perketat Pengawasan

Sementara itu, Kepala Dinas Komunikasi,  Informatika dan Persandian (Kominfo-Sandi) Kota Ambon Joy Adriaansz mengatakan, usai pemasangan fiber optik oleh Telkom, langsung dilanjutkan dengan smart RT/RW yang diawali dengan pemasangan 300 titik WiFi station.

“Namun setelah kami koordinasi dengan Telkom, Telkom hanya mampu ditahun ini memasang 100 titik. Maka kita berharap tiap desa/negeri, kelurahan itu dalam tahun ini sudah punya tambahan lagi dua titik smart RT/RW untuk WiFi station gratis bagi masyarakat,” ujarnya, kepada wartawan, di Balai Kota Ambon, Senin (1/12).

Diakuinya, sampai dengan hari ini pihaknya memiliki 119 station WiFi gratis untuk masyarakat diharapkan kedepannya bisa lebih lagi, agar sesuai dengan target yang ditetapkan yakni 319 titik station.

“Jika demikian maka tahun ini kita punya 119 WiFi station gratis untuk masyarakat, setelah sebelumnya sudah ada 19, 15 dari Telkom dan 4 dari Lintasarta. Harusnya 300, hanya Telkom mampu 100 tahun ini. Tambahan 200 WiFi station tahun depan jadi total 319 titik WiFi station, tahun ini baru 119,” katanya.  (Cr-6)