AMBON, Siwalimanews – Provinsi Maluku kini telah menyiapkan 33 atlet penyandang Disabilitas yang siap mengharumkan nama Maluku pada Pekan Paralimpik Nasional (PEPARNAS) ke-16 Tahun 2021 di Papua.

Puluhan atlet ini dilepas oleh Pelaksana Harian Sekretaris Daerah Provinsi Maluku Sadali Le, di Aula Wisma Atlit Karang Panjang, Ambon, Senin, (1/11).

Pelepasan ditandai dengan penyerahan Pataka dari Sekda kepada Wakil Ketua Chef De Mission (CdM) Junet Heluth.

Sekda dalam membacakan Amanat Gubernur Maluku  memberikan semangat dan motibasi kepada atlit penyandang disabilitas yang akan bertanding di Papua nanti.

Menurutnya, Atlet difabel tidak kalah prestasinya dengan Atlet non Difabel. Tetcatat Dua Atlet Paralimpik Maluku pernah berkancah di Olimpiade Tokyo.

Baca Juga: Ahok Janji Pasok Solar Bantu Nelayan di Ambon

“jangan pernah merasa berkecil hati atau rendah diri karena keterbatasan fisik kalian. Sebab di mata masyarakat Maluku dan Tuhan, kalian semua berharga,”ungkap Sekda.

Sekda juga meminta  para atlet untuk menampilkan performa terbaik saat berlomba.

“Pada dada kalian, terpatri nama Maluku yang patut dijaga dengan sportifitas.Dipertaruhkan kehormatannya kapan dan dimana pun kalian berada,” ujarnya.

Ditempat yang sama, Ketua National Paralympic Committee (NPC) Provinsi Maluku Adyos Astan memgatakan,  33 Atlet yang akan bertanding Papua ini, telah menjalani Pelatda selama enam bulan jelang keikutsertaannya di PEPARNAS. Puluhan atlit tersebut terbagi dalam enam cabang olahraga, masing-masing tenis meja, badminton, renang, atletik, catur dan menembak.

“Mereka didampingi 10 pelatih dan CdM yang dipimpin KepalaDinas Pemuda dan Olagraga Maluku, Sandi Wattimena sebagai Ketua CdM,” terangnya. (S-45)