AMBON, Siwalimanews – Kecelakaan maut terjadi di ruas jalan Dusun Wailusun, Desa Liang, Kecamatan Salahutu, Kabupaten Maluku Tengah, Selasa (2/8). Tabrakan yang melibatkan angkutan umum dengan sepeda motor tersebut, mengakibatkan Maulut Pawae (41) warga Desa Liang, meninggal dunia.

Kasi Humas Polresta Ambon Ipda Moyo Utomo kepada wartawan di Mapolresta, Selasa (2/8) menjelaskan, kecelakaan yang terjadi sekitar pukul 08.00 WIT ini, berawal saat sepeda motor jenis Suzuki Sky tanpa pelat nomor polisi milik korban Maulut Pawae bergerak dari arah Desa Liang.

Dalam kondisi hujan yang cukup deras, korban yang juga merupakan warga Dusun Wailusun tiba-tiba menabrak mobil angkutan umum jurusan Liang, dengan Nomor Polisi DE 1359 MU yang dikemudikan Haruna Lestusen (57) dari arah belakang.

Namun, belum diketahui pasti penyebab korban menabrak belakang mobil, yang akhirnya memicu tabrakan beruntun di kawasan itu.

“Menurut keterangan sopir angkutan umum, setelah sampai di TKP, ia merasa dan mendengar bunyi tabrakan pada bagian belakang mobilnya, kemudian ia berhenti dan melihat korban sudah terjatuh ditengah jalan,” jelas Utomo.

Baca Juga: Walikota Lepas Kwarcab Ambon ke Jambore Nasional

Kondisi korban yang jatuh ditengah jalan kata Utomo, membuat kendaraan lain yang bergerak dari arah berlawanan ikut terlibat dalam kecelakaan tersebut.

Tercatat dua sepeda motor jenis Honda Beat dengan Nomor Polisi DE 3005 LV yang dikemudikan Ismail Rahman (41) dan sepeda motor dengan Nomor Polisi DE 2477 LA milik Norman Haris (40) ikut dalam kecelakaan itu.

Dua warga Asmil Rindam Suli yang berprofesi sebagai anggota TNI ikut terjatuh saat mencoba menghindar kendaraan korban yang sudah lebih dulu terjatuh akibat menabrak belakang mobil angkutan umum.

“Menurut keterangan Ismail Rahman, sampai di TKP bersamaan dengan kejadian, dirinya sempat rem dan menghindar dari sepeda motor merk vario hitam yang juga menghindar kejadian tersebut, nah tiba tiba dari arah belakang ditabrak lagi oleh rekanya saudara Norman yang mengakibatkan keduanya terjatuh di sebelah kiri jalan,” ujar Utomo.

Akibat dari kejadian tersebut pengendara sepeda motor Suzuki Sky yang dikemudikan Korban Maulut Pawae meninggal dunia, sementara Ismail Rahman mengalami benturan kepala dan lecet dipelipis dan tangan, sedangka Norman Haris mengalami luka pada bagian kaki.

Kecelakaan beruntun ini kini ditangani Unit kecalakaan Polresta Ambon, sementara barang bukti berupa kendaraan sudah diamankan, guna proses penyelidikan lanjut. (S-10)