AMBON, Siwalimanews – Pembukaan pendidikan kejuruan bintara infantri Abituren (Diktukba) TNI AD, tahun 2022 resmi dibuka, Selasa (2/8).

Pembukaan Diktuba itu digelar dalam satu upacara yang dipusatkan di lapangan Chandra Didiklatpur Rindam XVI Pattimura, Desa Gemba, Kecamatan Kairatu, Kabupaten SBB. Bertindaks elaku inspektur upacara Danrindam XVI Pattimura Kolonel Inf Anggit Exton Yustiawan, sementara komandan upacara Wadan Dodiklatpur Rindam XVI Pattimura Kapten Inf Bambang Kiswoyo.

Komandan Pusat Kesenjataan Infantri Letjen TNI Arif Rahman dalam sambutannya yang dibacakan Danrindam mengatakan, pendidikan dalam rangka pembentukan prajurit sangatlah diperlukan untuk menjaga keseimbangan antar organisasi TNI AD, demikian halnya dengan pelaksanaan Dikjurbaif Abit Diktukba TNI AD tahun 2022 yang diselenggarakan serentak di masing-masing Kotama.

“Ini merupakan langkah strategis dalam rangka menjaga postur TNI AD agar tetap ideal, meskipun dilaksanakan dalam situasi pendemi Covid-19,” ujar Danpusenif.

Operasional penyelenggaraan pendidikan kata Danpusenif dilaksanakan kurun waktu 2 bulan dengan mengacu kepada kurikulum pendidikan Nomor Kep/17b/V/2021 tanggal 18 Maret 2022, dimana pokok-pokok hasil keluaran pendidikan, adalah untuk mengembangkan kemampuan bintara siswa kecabangan infanteri sesuai SJM tingkat 5 di kecabangan infanteri dan implementasi 7 perintah harian Kasad.

Baca Juga: Banjir Landa Dua Desa di Kecamatan Haruku, Ratusan Rumah Terendam

“Kepada peserta didik saya ucapkan selamat datang dan selamat belajar dan berlatih di Dodiklatpur sebagai lembaga keinfanterian. Besar harapan saya agar seluruh peserta didik dapat menyesuaikan diri di lingkungan pendidikan ini,” ucap Danpusenif. (S-25)