AMBON, Siwalimanews – Makanan khas asal Negeri Latuhalat yakni sukun (sukong) meraih juarah pertama dalam nominasi Anugerah Pesona Indonesia (API) Awards ke-8 tahun 2023.

Makanan yang satu ini memang sudah terkenal, tidak hanya di daerah asalnya tapi hampir dikenal di seluruh Indonesia karena cita rasanya yang unik.

Buah sukun atau artocarpus altilis merupakan buah tropis yang bentuknya sekilas menyerupai buah nangka. Namun, sukun memiliki daging buah berwarna putih yang empuk dan manis.

Bahkan masyarakat dapat mengolanya menjadi beberapa jenis pangan lain selain digoreng. Ada yang bisa dibakar, dibuat kripik sampai aneka kue dari bahan dasar buah sukun.

Keunikan buah satu ini berhasil mengalahkan 9 daerah yang masuk dalam kategori makanan tradisional. Buktinya Tumi Lompok Ayam dari Kabupaten Kampar menjadi juara II dan Ayam Gholo dari Kabupaten Muna meraih juara III pada malam puncak API Awards yang digelar di Plaze Presisi Manise, Rabu (1/11).

Baca Juga: Angin Puting Beliung Hantam 15 Rumah di Negeri Oma

Tidak hanya Sukong Latuhalat, Kota Ambon juga berhasil meraih juara kedua dalam kategori Wisata Air yang masuk dalam nominasi API Awards. Tempat wisata Laha Muck Diving berhasil keluar sebagai juara II.

Sementara penghargaan lain juga di sabet Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB) dengan meraih juara II kategori Situs Sejarah (Situs Kapitan Joncker de Manipa)

Sedangkan Kabupaten Maluku Barat Daya meraih juara I dalam kategori Dataran Tinggi yaitu (Taman Meditasi Mukmomor Kisar).

Untuk diketahui ada 18 kategori penilaian API Award ke-8 yakni makanan tradisional, minuman tradisional, promosi pariwisata digital, brand pariwisata, destinasi belanja, cinderamata, olahraga dan petualangan.

Kemudian ada wisata air, ekowisata, dataran tinggi, kampung adat, situs  sejarah, atraksi budaya, festival pariwisata, destinasi kreatif, destinasi unik, destinasi baru dan surga tersembunyi.

Untuk diketahui, malam puncak api 2023 dibuka Dirjen Pemba­ngu­nan Desa dan Pedesaan Kementerian Desa PDTT Sugito yang dihadiri Gubernur Murad Ismail, Penjabat Walikota Ambon Bodewin Wattimena dan per­wakilan penerima penghargaan dari 42 kabupaten kota.

Walikota mengaku bersyukur karena Ambon telah menunaikan tugas sebagai tuan rumah ajang ini. “Kami bersyukur sebagai tuan rumah bisa dibilang berhasil melaksanakan API Award 2023. soal sukses tidak, saya yakin dinilai publik dan kementerian tapi yang pasti sebagai tuan rumah kami berikan yang terbaik di ajang ini,” tegasnya.(Mg-3)