AMBON, Siwalimanews – Polsek Nusaniwe terus me­ningkatkan Operasi Man­tap Brata secara preventif diwilayah hukum Polsek Nu­saniwe dengan melaksana­kan deklarasi pemilu damai, Selasa (31/10) yang dipu­satkan di aula Kantor Keca­matan Nusaniwe.

Kapolsek Nusaniwe, Iptu Johan WM. Anakotta mene­gaskan kegiatan yang digelar pihaknya bersama sejumlah stakeholder adalah sebuah komitmen bersama dalam rangka mewujudkan pemilu tahun 2024 aman dan damai di Kecamatan Nusaniwe.

“Kegiatan ini dilakukan menjelang tahun politik de­ngan komitmen bersama da­lam rangka mewujudkan pe­milu tahun 2024 aman dan da­mai di kecamatan nusaniwe menjelang, selama dan Pasca Pemilu 2023 – 2024,”jalas Kapolsek Nusaniwe kepada wartawan, Selasa (31/10).

Kapolsek mengapresiasi seluruh masyarakat yang telah bersama-sama sinergi, solid dengan aparat keamanan dalam menjaga situasi kamtibmas yang aman, kondusif di Kecamatan Nusaniwe.

“Tidak terprovokasi dan terpan­cing dengan pihak-pihak lain yang sengaja ingin mengadu domba di­antara kita, sehingga terjadi gang­guan kamtibmas dan diingatkan bahwa “hidup orang basudara” di­atas segala-galanya nya. Mari kita saling menghargai dan menghormati satu dengan yang lainnya baik de­ngan suku dan agama apapun,” ajak Kapolsek.

Baca Juga: 11 Unit Rumah Warga Gudang Arang Terbakar

Menjelang Tahun 2024, lanjut Ka­polsek yang merupakan tahun poli­tik dan rangkaiannya dimulai dari ta­hun 2023, diingatkan agar tetap men­jaga hubungan orang saudara jangan sampai  diadu domba namun harus diingat bahwa, karena politik hidup orang basudara menjadi lebih hebat dan luar biasa.

Kapolsek juga mengingatkan PPK dan Panwaslu Kecamatan Nusaniwe agar dalam bekerja dengan baik, adil dan Jujur, mengingat nasib rakyat 5 tahun kedepan melalui pemilu, ka­rena kesalahan PPK dan Panwas­cam akan pengaruhi stabilitas kamtib­mas.

“Hindari perbuatan-perbuatan tercela yang dapat merusak proses demokrasi yang berdampak terjadinya gangguan kamtibmas dan potensi konflik sosial. Tetap sinergi dan solid dengan semua stakeholder yang ada kaitan dengan proses demokrasi  sesuai tugas pokok masing-masing, sehingga pemilu berjalan lancar aman dan damai,” harapnya.

Ucap Terima kasih

Sementara itu, Camat Nusaniwe, Lily Latuny menyampaikan terima kasih kepada Kapolsek yang telah melakukan terobosan atau gagasan dengan giat ini. Karena itu pihaknya dukung bersama dalam komitmen bersama menuju pemilu 2024 yang aman dan damai.

TNI Tetap Sinergi

Sementara Danramil Nusaniwe Letda Otis Tutuhena menekankan, TNI tetap akan bersinergi dengan Polri untuk bersama menjaga pemilu 2024 yang aman dan damai.

“Saya mengajak kita semua elemen masyarakat bersama-sama menjaga komitmen bersama dalam mewujudkan pemilu yang aman dan damai. Kami sangat mengapresiasi Kapolsek Nusaniwe dalam rangka acara ini untuk menjaga stabilitas keamanan dan ketertiban di tengah-tengah Kecamatan Nusaniwe, yang sampai saat ini dalam keadaan aman dan kondusif,” ajak Danramil.

Tak hanya itu, PPK Nusaniwe yang hadir juga menyatakan sebagai penyelenggara tetap pada koridor sebagai penyelenggara, dan tetap menjaga kestabilan pemilu yang berjalan dengan baik, aman dan kondusif.

Sama halnya dengan Panwas Nusaniwe juga apresiasi kebijakan Kapolsek Nusaniwe dalam hal mewujudkan bersama menuju pemilu yang aman dan damai pada tahun 2024.

“Kami Panwas tetap berkomitmen bahwa kami tetap pada aturan dalam menjaga komitmen pemilu aman dan damai, dan jangan karena perbedaan kita terpecah karena perbedaan yang kita miliki,” pintanya

Untuk diketahui kegiatan deklarasi damai ini digelar Kapolsek Nusaniwe IPTU Johan WM. Anakotta bersama Camat Nusaniwe Lily Latuny, Danramil Nusaniwe Letda Otis Tutuhena, Kasi Humas Polres Ambon Ipda Jane Luhukay, Perwakilan Denin­teldam XVI PTM, Ketua Panwaslu Nusaniwe  Melkianus Watutamata, Ketua PPK Nusaniwe diwakili  Romy Lekahena Perwakilan Pertamina Ambon, Perwakilan PLN Ranting Nusaniwe, Perwakilan Bulog Nusaniwe Ambon, Raja dan Lurah se kecamatan Nusaniwe, PPS se kecamatan Nusaniwe , Perwakilan 17 partai politik, serta para tokoh agama. (S-10)