AMBON, Siwalimanews – Kebakaran hebat melanda kawa­san Gudang Arang tepatnya di RT.03 RW.06 Kelurahan Benteng, Keca­matan Nusaniwe, Kota Ambon, Minggu (29/10) dini hari.

Tercacat 11 unit rumah terbakar, diantaranya 9 rata tanah dan 2 unit rumah terbakar seba­gian.

Kasi Humas Polresta Ambon, Ipda Jane Luhu­kay kepada wartawan di Ambon mengatakan, titik api diketahui berasal dari kios milik Rawangan Kailola (42). Hal itu dipas­tikan setelah pemilik ru­mah yang tertidur tiba-tiba terbangun lantaran mencium bau asap yang menyengat.

Setelah diperiksa, terlihat koba­ran api yang membesar dari dalam pondok yang masih bagian dari rumah korban.

“Saksi bersama istri dan anak-anak dalam suasana tidur, dan mencium bau asap, sehingga ter­bangun dari tidur, pada saat mem­buka pintu kamar terlihat nyala api di bagian dalam kios sehingga dengan spontan berteriak kebaka­ran,” Jelas Luhukay kepada warta­wan di Ambon, Minggu (29/10).

Baca Juga: Gempa Bumi 6,1 SR Guncang MBD

Mendengar hal tersebut para tetangga yang ikut terbangun membantu memadamkan kobaran api. Namun minyak tanah yang berada didalam kios memicu api semakin membesar, dan dengan cepat merembet ke rumah di sekitar.

“Api membesar, meluas dengan cepat karena saksi menjual minyak tanah yang tersimpan di dalam kiosnya, dan awal mulanya kebakaran berasal dari dalam kios jualan miliknya, namun Ia tidak mengetahui penyebab awal keba­karan,” tuturnya.

Tak berselang lama 3 unit mobil pemadam kebakaran milik Pemkot Ambon tiba di lokasi dan bersama warga serta pihak kepolisian mencoba memadamkan api.

Beruntung tidak ada korban jiwa dalam insiden tersebut. Kerugian yang dialami hanya kerugian materil berupa 11 unit rumah yang masing-masing milik, Kel Rawa­ngan Kailola, Kel. Alan Pattiasina, Kel Roby Soplanit, Kel Dema Latu­perissa, Kel. Semy.Solisa, Kel. Wae­ny, Kel.Netty Manuputty, Kel.Ongen Latuperissa, Kel. Leon Souhoka, Kel Paul Porsisa (terba­kar sebagian), Kel. Yance Latu­perissa (terbakar sebagian).

“Ada 11 rumah yang terbakar, 9 rumah terbakar habis sedangkan 2 lainnya terbakar sebagian, saat ini para korban yang rumahnya terbakar ditempatkan di tenda darurat yang didirikan oleh Dinsos,” tandasnya.

Salurkan Bantuan

Plt Kepala BPBD Kota Ambon, Fahmy Salatalohy meninjau korban kebakaran sekaligus menyalurkan bantuan tanggap darurat.

“Informasinya kebakaran terjadi jam 5 subuh tadi, dan kami dari BPBD tiba di lokasi sekitar pukul 7 pagi, untuk menyalurkan bantuan yang diperlukan bagi korban kebakaran,”ujarnya.

Bantuan yang diberikan lanjutnya, berupa tenda untuk relokasi pengungsi dan bantuan makanan serta kasur/tempat tidur.

“Mereka (korban kebakaran) sementara direlokasi ke tenda-tenda darurat di sekitar lokasi kejadian,” katanya. (S-25)