AMBON, Siwalimanews – Perkembangan harga berbagai komoditas pada bulan Januari 2023 secara yoy, umumnya menunjukan peningkatan.

Berdasarkan hasil pemantauan BPS, dengan menggunakan penghitungan tahun dasar (2018=100), Kota Ambon pada bulan Januari 2023 terjadi inflasi yoy sebesar 5,81 persen dengan IHK sebesar 116,56.

Penyumbang terbesar tingginya inflasi yakni kelompok pengeluaran yakni transportasi sebesar 18,56 persen dan terendah pada kelompok perlengkapan, peralatan dan pemeliharaan rutin rumah tangga sebesar 0,91 persen.

Tingginya angka inflasi membuat Penjabat Walikota Bodewin Wattimena bersama jajarannya melakukan inspeksi mendadak ke gudang distributor di Passo, Rabu (8/2)

Walikota menjelaskan kedatangan dirinya bersama staf untuk memastikan ketersediaan stok barang kebutuhan.

Baca Juga: Ombudsman Bakal Dilaporkan ke Pusat

“Saya melakukan sidak di distributor untuk memastikan beras, gula, telur kemudian daging ayam dan kebutuhan pokok masyarakat lainnya, tersedia,” ungkapnya.

Selain itu pihaknya juga mengantisipasi ketersediaan stok jelang hari bulan puasa nanti.

“Hasil kegiatan hari ini kami pastikan stok kebutuhan pokok di Kota Ambon itu tersedia 2 sampai dengan 3 bulan kedepan,” jelas walikota kepada wartawan, di sela-sela kegiatan tersebut.

Khusus untuk minyak ia mengaku akan melakukan pengecekan lagi ke gudang-gudang distributor.

“Nanti dicek kembali soal minyak, kemarin minyak goreng kemasan merek Fortune, kemudian Bimoli, semuanya tersedia sampai 3 bulan kedepan. Saya juga akan masuk ke gudang mengecek semua,” ujarnya.

Pihaknya berharap, dengan transportasi yang sudah lancar, biaya transportasi yang sudah terkendali, maka tidak ada lagi kekurangan stok kebutuhan bahan pokok, terutama menjelang bulan Ramadan. “Artinya kalau semuanya berlangsung secara normal. Misalnya stok kita 600 sudah dinaikkan sampai 800, jadi untuk tiga bulan kedepan, stok kita aman untuk semua bahan pokok,” jelasnya. (S-25)