AMBON, Siwalimanews – Polda Maluku memastikan stok minyak goreng di Maluku aman hingga bulan Ramadan mendatang.

Ketegasan Polda Maluku ini menyikapi persoalan kelangkaan minyak goreng dihampir seluruh wilayah di Indonesia, serta menindak lanjuti instruksi Kapolri agar setiap kepolisian daerah memastikan ketersediaan minyak goreng di pasar rakyat.

Kabid Humas Polda Maluku Kombes Roem Ohoirat menjelaskan, stok minyak goreng dipastikan aman setelah tim Satgas Pangan Maluku melakukan pengecekan di sejumlah distributor.

“Jadi hasil pengecekan dari pihak krimsus dalam hal ini Satgas Pangan, dan Polresta Ambon terkait stok minyak goreng di Ambon dan Maluku sampai bulan puasa masih aman,” ucap Kabid kepada wartawan di Ambon, Selasa (15/3).

Juru bicara Polda Maluku ini meminta warga agar tidak panik, dan tetap tenang, sebab, ketersediaan minyak goreng di Maluku hingga dua bulan ke depan masih terjamin.

Baca Juga: GMKI Sesali Murad Ismail Jabat Ketua KONI

“Bahkan pengiriman stok minyak goreng dari Pulau Jawa sudah dalam perjalanan, sehingga masyarakat tidak boleh panik,” pintanya.

Menghindari perilaku menyimpang oknum-oknum nakal yang memanfaatkan kelangkaan minyak goreng dengan menaikan harga, Polda Maluku menghimbau masyarakat agar dapat melaporkan pedagang nakal, yang ditemukan menjual minyak goreng di atas harga eceran tertinggi (HET).

“HET di Maluku adalah Rp 14 ribu/liter. Kalau ada yang jual minyak goreng di atas HET segera melaporkan kepada kami,” himbau Kabid.

Kabid juga meminta masyarakat bila menemukan pelaku penimbunan minyak goreng agar dapat melaporkan kepada Satgas Pangan, atau aparat kepolisian terdekat.

“Jadi sekali lagi kami menghimbau masyarakat agar tidak panik atau sampai memborong minyak goreng. Karena stok atau ketersediaannya masih dijamin aman,” pungkasnya. (S-10)