AMBON, Siwalimanews – Kota Ambon saat ini masih ber­tengger di zona orange, aki­bat pe­nerapan pro­to­kol keseha­tan (pro­kes) mulai me­lemah. Kon­disi mendorong setiap instansi, lembaga dan badan ikut terjun langsung ke tengah-tengah mas­yarakat melakukan sosialisasi.

Seperti yang dilakukan  Wakil Kepala Kepolisian Daerah (Waka­polda) Maluku, Brigjen Jan de Fretes untuk mensosialisasi pen­tingnya prokes Rabu (2/6). Tak hanya sosialisasi, tapi peman­tauan keamanan dan ketertiban di wilayah Kota Ambon atau patroli kamtibmas sekaligus dilakukan di sejumlah wilayah.

Menggunakan motor gede (moge), de Fretes berkeliling sejumlah wilayah yakni di depan pusat perbelanjaan Ambon Plaza,  Pasar Mardika, Wayame, Waiheru, dan depan Sekolah Polisi Negara di Passo.

Selain patroli, jenderal bintang satu ini juga membagikan masker gratis kepada sejumlah warga. “Tadi pak Wakapolda melakukan patroli kamtibmas menggunakan sepeda motor. Beliau juga melakukan pembagian masker kepada masya­rakat,” kata Kabid Humas Polda Maluku, Kombes Rum Ohoirat.

Pembagian masker dilaksanakan pada sejumlah titik di Ambon, di­antaranya di depan pusat perbe­lanjaan Ambon Plaza,  Pasar Mardi­ka, Wayame, Waiheru, dan depan Sekolah Polisi Negara di Passo.

Baca Juga: Ratusan Rumah Warga di SBT Terancam Rusak

Patroli keliling yang dilakukan de Fretes bertujuan untuk memantau dan memastikan secara langsung kondisi kamtibmas, serta kepatuhan masyarakat dalam menjalankan pro­tokol kesehatan di setiap aktivitas mereka, seperti memakai masker, menjaga jarak, dan ketersediaan tempat mencuci tangan.

Patroli tersebut berjalan lancar dan mendapat antusias langsung dari masyarakat. (S-45)