AMBON, Siwalimanews – Danrem 151/Binaya Kodam 16 Pattimura, Brigjen TNI Arnold Ritiauw, meminta jurnalis  dapat menjalin sinergitas baik dengan mitra kerja salah satunya, Kodam 16 Pattimura, Korem, Kodim, dan Koramil.

Menyikapi situasi akhir-akhir ini, banyak terjadi bencana dirinya berharap dengan mitra kerja ini, ketika ada kejadian tolong dilaporkan agar bisa ditindaklanjuti.

“Semakin cepat berita dan info sampai, maka semakin cepat tindak lanjut, itu gunanya mitra,” pinta Ritiauw dalam acara bukber yang berlangsung di aula Kodim 1504 Pulau Ambon, Senin (19/4).

Lebih lanjut dirinya mengatakan, pihaknya selalu siap dan waspada namanya Maluku keras atau dekat dengan yang namanya bencana.

Di Ambon dan Maluku tidak pemilik bangunan besar karena rawan bencana. “Dirinya mencontohkan pernah terjadi bencana Tsunami sampai di depan Kantor Gubernur,” ungkapnya.

Baca Juga: Distributor Kendaraan Listrik Sambut Baik Hadirnya SPKLU PLN

Selain itu dia juga berpesan, menyikapi situasi akhir-akhir ini yang berkaitan dengan keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas), wartawan diminta untuk memberikan pesan moral melalui pemberitaan yang dibuat.

“Tolong nanti bisa disampaikan pesan-pesan yang menyejukan, tolong nanti sampaikan sama-sama menjaga bulan suci yang penuh berkah itu,” harapnya.

Dirinya menambahkan, untuk menjalin hubungan baik, Kodam dan Korem membutuhkan kerja sama antara pihaknya dengan media.

“Tentunya Kodam dan Korem membutuhkan kerja sama yang baik dengan rekan-rekan media. Maka teman-teman media tolong bantu kami untuk mempublikasikan kegiatan Kodim, maupun m, Korem, maupun Kodam. Sebab kita ketahui, mata pena wartawan itu lebih tajam dari peluru. Karena apa yang ditulis wartawan hari ini lewat karya jurnalistiknya, dapat tersebar luas dan menembus jantung banyak orang, efeknya besar. Sedangkan peluru senjata hanya mampu menembus satu orang saja,” pungkasnya.

Hal yang sama juga diungkapkan, Komandan Kodim (Dandim) 1504/Ambon Kolonel Inf Dominggus CA Soumokil. Melalui bukber ini dirinya mengharapkan sinergitas yang terbangun semakin erat.

“Ini bentuk kebersamaan kita mem­perkuat tugas-tugas membantu memberi informasi dan wawasan kepada masyarakat supaya mereka tahu situasi dan kondisi di Maluku, Kota Ambon. Tetap menjaga tole­ransi dan situasi Kamtibmas yang kondusif di Maluku,” harap Sou­mokil.  (S-52)