AMBON,Siwalimanews – Akibat pandemi covid-19 yang terus berkepanjangan, maka event tahunan Darwin-Ambon Yacht Race atau yang dikenal dengan Spice Island Darwin Ambon Yacht Race (SIDAYR) batal digelar.

“Kondisi  pandemic sampai saat ini maka SIDAYR batal digelar. Australia sementara lockdown, kita tidak tahu lockdown disana sampai kapan. Bahkan dari pihak komite Australia sudah informasikan bahwa partisipan mereka tidak jalan untuk saat ini,” ungkap Kepala Dinas Pariwisata Kota Ambon, Rico Hayat kepada Siwalimanews di ruang kerjanya, Jumat (17/7).

Ia mengaku, pihak Komite Darwin juga sudah menginformasikan tahun ini SIDAYR tak jalan, mengingat kondisi  pandemic yang sementara terjadi. Dengan demikian tidak bisa paksakan untuk menjalankan kegiatan tersebut, apalagi di Kota Ambon sendiri masih PSSB.

Padahal event tahunan ini sendiri sudah mendapat dukungan dari Kementerian Pariwisata, Kementerian Pemuda dan Olahraga serta Kemenko Maritim.

Lomba perahu layar ini pertama kali digelar pada tahun 1976, namun sempat berhenti karena konflik sosial pada tahun 1999 dan kembali di gelar pada tahun 2007. Ini merupakan bukti kedekatan historis Australia dan Ambon.

Baca Juga: Empat Penambang Ilegal Dituntut Setahun Bui

“Daerah lain juga  memiliki event serupa tetapi SIDAYR merupakan lomba yang mempunyai nilai historis yang panjang sejak perang dunia kedua. SIDAYR juga pionir lahirnya event serupa seperti Sail Indonesia, Bunaken, Morotai dan lainnya,’’ tuturnya.

Ia berharap, dengan topangan doa dari seluruh masyarakat agar pandemi ini cepat berlalu, sehingga seluruh kegiatan yang sudah dijadwalkan dapat berlangsung dengan baik. (Mg-5)