MASOHI, Siwalimanews – Bupati Maluku Tengah Tuasikal Abua mengapresiasi terselenggaranya diskusi publik yang digelar insan pers di Masohi.

“Berkenaan dengan acara Pers Bacarita Demokrasi Maluku Tengah yang dilaksanakan saat ini, selaku pribadi dan atas nama pemda, saya mengapresiasi dan sambut baik terlaksananya kegiatan ini, sekaligus sampaikan terima kasih dan penghargaan kepada seluruh insan pers di daerah ini,” ucap bupati dalam sambutannya saat membuka kegiatan itu yang dibacakan Asisten Perekonomian dan Pembangunan Bahrum Kalauw di lapangan upacara Kantor Bupati Malteng, Selasa (9/2) malam.

Dikatakan, sesungguhnya peranan pers sangat dibutuhkan sebagai garda terdepan dan mitra pemerintah untuk mewartakan berbagai program dan kegiatan pemerintah, mencerahkan masyarakat, meluruskan informasi yang kacau serta dapat menegaskan bersama, bahwa negara ini sangat membutuhkan kehadiran pers dengan perspektif jernihnya untuk berdiri di depan melawan kekacauan informasi, penyebaran hoax dan ujaran kebencian yang mengancam kehidupan demokrasi.

Selain itu pers juga siap mewartakan berita baik dan agenda-agenda besar bangsa Indonesia, yang mampu membangkitkan semangat positif dan optimisme masyarakat dan bangsa maupun Kabupaten Pamahanunusa ini.

Baca Juga: Personel Polda Maluku Uji Kesamaptaan

“Sebagai bagian dari mitra kerja pemda tentunya pers mempunyai tanggung jawab bersama pemerintah dalam menyampaikan informasi yang objektif, membangun dan mengedukasi masyarakat,” ujarnya.

Menurutnya, pers sebagai mitra perkasa, tentu harus mewartakan informasi yang akurat dan turut meredakan kepanikan yang melanda masyarakat dalam berbagai hal.

Untuk itu, tentunya diharapkan, pers dapat menjadi penyambung informasi yang baik kepada masyarakat dan menciptakan kualitas demokrasi yang lebih baik, dengan terus memperhatikan prinsip etika jurnalistik.

“Kritik atau kontrol pers yang disampaikan insan pers lewat media masa, tentu akan semakin meningkatkan kualitas evaluasi kinerja pemerintah, agar dapat terus berbenah membangun daerah dan masyarakat di Kabupaten Pamahanunusa menjadi lebih baik di masa masa mendatang,” ucapnya.

Ketua Panitia Penyelenggara Stewart Toisuta juga menyampaikan penghargaan yang tinggi, serta ungkapan terima kasih bagi semua pihak mitra kerja pers yang telah mendorong terselenggaranya seluruh kegiatan dalam rangka memperingati Hari Pers Nasional di Malteng.

Baginya bantuan dan partisipasi mitra kerja pers di bumi Pamahanunusa itu telah memberikan energi yang kuat bagi seluruh insan pers di Malteng dalam menggelar kegiatan dimaksud.

“Kami juga berikan apresiasi dan penghargaan yang tinggi kepada semua pihak, terutama mitra kerja pers di Malteng yang telah berikan support dan partisipasinya sehingga seluruh kegiatan sudah boleh berjalan. Kami berharap kemitraan yang terbangun selama ini tetap terjaga dan terus terpelihara,” ungkapnya. (S-36).