SAUMLAKI, Siwalimanews – Pelayanan pada Dinas Kependu­dukan dan Pencatatan Sipil Disduk­capil lumpuh karena ganguan sistem secara menyeluruh di Indonesia akibat pemeliharaan peralatan.

Hal itu disampaikan, Kepala Dinas kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Julius Sumanik.kepada Siwalima di ruang kerjanya, Jumat (17/3).

Menurutnya, sementara pelayanan pada dinasnya tidak berjalan sebab ganguan sistem pusat.

Ia bahkan tidak bisa memastikan kapan sistim tersebut bisa normal kembali, karena itu dirinya meminta masyarakat untuk bersabar.

“Hari ini pelayanan kita terganggu bahkan tidak berjalan, sebab sistem pada Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil sedang terganggu yang berdampak hingga ke kabupaten kota se-Indonesia. Kami juga sudah menghimbau kepada warga masyarakat yang hadir tadi di kantor untuk bersabar, hingga sistem kembali normal” pinta Sumanik.

Baca Juga: Toisuta: Batu Merah Bisa Rubah Stigma

Sumanik berharap, sistem segera membaik sehingga pelayanan bisa berjalan dan menjawab semua keluhan masyarakat untuk kebutuhan kependudukan.

“Masyarakat sangat membutuhkan bantuan dinas untuk data kependudukan mereka, namun dengan kondisi ganguan maintanace peralatan untuk pemeliharaan dari pusat seperti ini, kita juga tidak bisa berbuat banyak. Saya berharap masyarakat sedikit bersabar sampai dengan sistemnya kembali normal,” katanya sembari menambahkan, pihaknya sangat memahami kebutuhan masyarakat.

“Kita paham betul kebutuhan masyarakat, namun kembali lagi sistem yang membatasi kinerja kami dan belum ada kepastian kapan sistemnya kembali normal,” tuturnya.(S-26)