MASOHI, Siwalimanews – Pemerintah Kabupaten Maluku Tengah (Malteng) mengusulkan pengembangan sektor pariwisata dan pengembangan kawasan industri perkebunan untuk masuk dalam Perencanaan Pemba­ngunan Jangka Menengah (RPJM) nasional lima tahun mendatang.

Sekertaris Daerah (Sekda) Malteng, Rakib Sahubawa mengatakan, pokok pikiran pengembangan sektor pariwisata, industri perkebunan serta perikanan di wilayah Malteng, disampaikan langsung dalam forum rapat konsultasi awal RPJM nasional di hadapan Menteri Perenca­naan Pembangunan Nasional Kepala Bappenas Sunawar Sokowati, Kamis (12/9) lalu.

“Kami bersyukur sekali, dapat diberikan kesempatan untuk menyampaikan pokok pokok pikiran dalam Rapat Konsultasi Penyusunan RPJM nasional untuk wilayah Indonesia Timur yang dihadiri langsung oleh pak Menteri di Ambon, 12 September lalu, dimana saat itu banyak pokok pikiran strategis yang kami sampaikan, tentu dengan harapan agar  nantinya dapat ditindaklanjuti pada penyusunan RPJM lima tahun kedepan,” tandas Sahubawa, kepada Siwalima, di Masohi, Selasa (17/9).

Dikatakan, pikiran yang disampaikan saat itu sekaligus sebagai sebuah usulan diantaranya meningkatkan kualitas sektor pariwisata Pulau Banda, Pulau Tujuh dan Pantai Ora agar kemudian dimasukan dalam salah satu program prioritas nasional dalam RPJM nasional lima tahun mendatang.

“Pikiran ini lahir dari besarnya prospek pariwisata yang diproteksi dengan dukungan anggaran yang besar, agar seluruh fasilitas pendukung mulai dari penyiapan infrastruktur dan lain sebagainya dapat dilakukan lima tahun mendatang,” katanya.

Baca Juga: Karhutla di Seram Utara Barat Masih Sulit Diatasi

Selain mengusulkan pengembangan pariwisata Malteng, Sahubawa menjelaskan, pihaknya juga menyampaikan pokok pikiran atau usulan pengembangan industri perikanan dan perkebunan.

Diketahui Malteng memiliki potensi perikanan yang sangat besar serta sentra pengelolaan perkebunan yang juga besar di wilayah Seram Selatan dan Seram Utara. Olehnya, jika kemudian pokok pikiran itu dapat ditindaklanjuti dan dituangkan dalam prioritas pembangunan nasional untuk wilayah timur Indonesia, maka harapan menjadikan Malteng sebagai jendela Indonesia Timur adalah niscaya akan diwujudkan.

“Kita terus konsen untuk mewujudkan Maluku Tengah sebagai jendela Indonesia timur. Kami berharap semua pihak terus memberikan dukungan dan partisi­pasinya, agar upaya serius pak bupati dan semua jajaran untuk mewujudkan Maluku Tengah yang maju, mandiri dan berkeadilan dapat benar- benar terwujud,” cetusnya. (S-36)