AMBON, Siwalimanews – Hingga kini, DPC Partai Demokrat Kabupaten Buru Selatan (Bursel) masih menunggu petunjuk terkait dengan proses Pemilihan kepala daerah (Pilkada), yang akan berlangsung tahun 2020 mendatang.

Jika petunjuk tersebut sudah dikantongi, maka DPC Partai Demokrat akan melakukan penjaringan dan penyaringan calon bupati dan wakil bupati.

“Jadi terkait dengan persiapan Partai Demokrat menghadapi Pilkada Bursel tahun 2020, kami masih menunggu petunjuk baik dari DPD maupun DPP terkait dengan pembukaan pendaftaran calon kepala daerah bupati maupun wakil bupati, kami masih menunggu petunjuk baik dari DPP maupun DPD,” ungkap Ketua DPC Partai Demokrat Kabupaten Bursel, Gerson Selsily, kepada Siwalima, di Sekretariat DPD Partai Demokrat Provinsi Maluku, Selasa (17/9).

Selain itu, kata Wakil Ketua DPRD Kabupaten Bursel ini, sebagai kader dan infrastruktur politik, pihaknya tetap melakukan proses konsolidasi partai dalam hal menghadapi moment 2020 kedepan.

“Jadi untuk kader, kami tetap merapatkan barisan melalui proses-proses konsolidasi organisasi , mulai dari tingkat kabupaten, kecamatan hingga ranting dalam rangka mempersiapkan diri menghadapi tahun 2020,” ujarnya.

Baca Juga: Proses Pelantikan Anggota DPRD Maluku Dijaga ketat

Disinggung adanya keinginan kader Demokrat untuk berkompetisi dalam perhelatan lima tahun itu, anggota DPRD dua periode itu mempersilahkannya.

“Itu hak politik semua orang. Mereka berhak untuk mendaftar, hak asasi untuk bisa proses mendaftar tapi Demokrat tentunya harus berkualisi dengan partai-partai yang lain, karena Partai demokrat hanya bermodalkan dua kursi di DPRD,” katanya.

Bukan itu saja, Selsily menegaskan, selain mendapatkan dukungan dari partai lain namun harus juga dilakukan survei untuk mengetahui elaktibilitas dan tingkat pegenalan balon di tengah masyarakat.

“Kita akan lihat hasil survei seperti apa, kalau memang hasil survei bagus kenapa tidak kita harus memberikan dukungan, tentu dukungan sepenuhnya harus diberikan,” tandasnya.  (S-16)