AMBON, Siwalimanews –  S Singerin dan A Tempessy resmi menjabat sebagai Ketua dan Sekretaris Komite SMP Kartika XIII/1-Ambon setelah dilantik oleh Kadis Pendidikan yang diwakili oleh Kepala Bidang Pembinaan Pendidikan Dasar Kota Ambon, Corneles Moniharapon di aula persekolahan Kartika Jaya, Kamis (14/1).

Sementara Wakil Ketua Komite dijabat oleh C Rumangun dan Bendahara A Tamlain. Selain itu pengurus inti komite ini akan dibantu oleh beberapa bidang yang terdiri dari Bidang I  (Pengendalian Sumber Daya Sekolah)  Ketua  Ny S Louhenapessy, Sekretaris Ny A Tuasun dan anggota Ny O Wattimena, kemudian  Bidang II (Pengelolaan Dana Masyarakat) diketuai Ny Lasamahu, Sekretaris E Sitania, anggota Ny I Manusiwa.

Untuk Bidang III (Pengendalian Kualitas Pendidikan) Ketua Ny J Amanupunyo, Sekertaris Ny L Joris dan anggota Ny A Moses, Bidang IV  (Jaringan Kerjasama dan Sistem Informasi) Ketua F Lekeneny, Sekretaris Ny W Meimuky dan anggota Ny F Reawaruw, Bidang V  (Sarana dan Prasarana) Ketua R Wattimena, Sekertaris I Ampulembang, anggota Bpk Yatlau serta Bidang VI  (Usaha) Ketua Ny S Samadara, Sekertaris Ny Suryany dan anggota Ny R Telussa.

Moniharapon dalam arahannya sebelum melantik Pengurus Komite SMP Kartika XIII-1 Ambon mengatakan, pelayanan yang menyangkut dengan pendidikan, merupakan sebuah kolaborasi bersama antara pihak sekolah, pengurus yayasan dan komite.

“Pelantikan pengurus komite sekolah ini untuk menyebar tanggungjawab dan kewenangan pengelolaan pendidikan dengan mendorong para tenaga pendidik dan kependidikan agar tetap fokus untuk memajukan pendidikan di sekolah ini,” jelas Moniharapon.

Baca Juga: Persiapan Vaksinasi, DPRD Panggil Satgas Covid

Pada kesempatan itu Moniha­rapon juga minta agar Pengurus Komite SMP Kartika XIII/1 Ambon dapat pelajari Permendikbud No­mor 75 tahun 2016 tentang Komite Sekolah. “Pelajarilah Permendik­bud ini agar para pengurus yang baru di­lantik dapat mengetahui apa tugas dan fungsi komite sekolah. Dengan demikian saya berharap dengan di­lantiknya Pengurus Komite yang baru ini, SMP Kartika XIII-1 Ambon akan semakin maju,” harap Moniharapon.

Sementara itu, Kepala SMP Kartika XIII-1 Ambon S Rumalean usai pelantikan komite mengaku, ia bersyukur sebab rancangan dan acara pelantikan pengurus komite sekolah untuk periode yang baru ini dapat terwujud dan berjalan dengan baik.

“Ketika saya dilantik oleh pak walikota sebagai Kepala SMP Kartika XIII-1 Ambon pada 5 Januari kemarin ditambah dengan pelanti­kan pengurus komite hari ini,  saya berharap para guru serta pihak yayasan dapat berkolaborasi untuk menyatukan barisan demi mem­bentuk karakter anak-anak didik dis ekolah ini agar lebih baik lagi,” ujar Rumalean.

Ia berharap, hal yang pertama dila­kukan oleh pengurus komite yang baru dilantik ini adalah me­nyusun program sesuai dengan peraturan menteri demi pengem­bangan sekolah ini kedepan. (S-51)