DOBO, Siwalimanews – Direncanakan besok, Rabu (13/1) Bupati Aru, Johan Gonga akan meresmikan pengoperasian lintas penyeberangan KMP Lobster Dobo-Serwatu, di Aru Selatan.

Penetapan lintas penyeberangan Dobo-Serwatu, ditetapkan berdasarkan SK Dirjen Perhubungan Laut Nomor: KP.4978/AJ.204/DR]D/2020 tertanggal 26 Oktober 2020 tentang Penetapan Lintasan Penyeberangan Perintis tahun 2021.

“Pengoperasian jalur lintasan Dobo-Serwatu tidak terlepas dukungan dari General Manager PT ASDP Cabang Tual, serta perhatian dari Kemenhub, sehingga masyarakat di Kecamatan Aru Selatan, bisa menikmati layanan kapal Ferry pada lintasan Dobo-Serwatu yang telah lama ditunggu,” ujar Kadis Perhubungan Aru, Edwin Pattinasarany kepada Siwalimanews di ruang kerjannya, Selasa (12/1).

Dengan dimulainya layanan angkutan penyeberangan menggunakan KMP Lobster ini kata Pattinasarany, diharapkan akan dapat memberikan dampak signifikan, bagi percepatan peningkatan aksesibilitas maupun pelayanan tugas-tugas pemerintahan, pembangunan dan pelayanan kemasyarakatan yang pada gilirannya akan memberikan kontribusi bagi peningkatan kesejahteraan di wilayah Kecamatan Aru Selatan.

Kebutuhan transportasi yang dilayani kapal milik Pemda Kepulauan Aru menunjukan perkembangan yang signifikan, dari 3 Tahun terakhir di 2017 hingga 2019, terjadi peningkatan signifikan. Data pelayanan angkutan regular yang dilayani dari Dishub di tahun 2017, telah terlayani penumpang sebanyak 5.342 orang pada 6 titik singgah.

Baca Juga: Walikota Janji akan Ikut Vaksin Tahap II

“Di tahun 2018, jumlah pelayanan meningkat menjadi 18.308 orang dibarengi dengan peningkatan titik singgah sebanyak 54 desa. Kemudian tahun 2019, jumlah yang terlayani meningkat jadi 23.079 orang. Dari data di Tahun 2019 tersebut, kurang lebih 52 persen merupakan sumbangan dari wilayah selatan, termasuk Kecamatan Aru Selatan dan Aru Selatan Timur,” tandasnya. (S-25)