PIRU, Siwalimanews – Untuk meyakinkan masyarakat tentang vakson Covid-19 serta menghilangkan berita hoax yang beredar, maka Anggota DPRD SBB Abu Silawane minta Dinas Kesehatan untuk lebih meningkatkan sosialisasi tentang vaksin ini.

“Peran Dinkes untuk terus lakukan sosialisasi sangat diutamakan dalam membantu serta menjawab berita-berita hoax yang tersebar di masyarakat terkait vaksinasi,” tandas Silawane kepada Siwalimanews melalui telepon selulernya, Selasa (19/1).

Menurutnya, jika sosialisasi terus gencar dilakukan, maka dipastikan dapat menjawab semua keresahan di masyarakat soal keamanan vaksin Sinovac. Selain itu, tahapan pelaksanaan  vaksinasi juga perlu disosialisasikan.

Hal ini bertjuan agar masyarakat mendapatkan informasi dan pemahaman yang benar sehingga obsesi pemerintah yang menginginkan seluruh rakyat Indonesia menerima vaksin dapat terwujud.

“Yang sangat penting adalah sosialisasinya kepada masyarakat, karena pasti akan ada pertanyaan-pertanyaan dari masyarakat. Kalau perlu sosialisasinya sampai ke tempat-tempat keremaian, warung kopi dan tempat umum lainnya,” ujarnya.

Baca Juga: Anggota DPRD SBB Kecam Gustu Maluku

Apalagi, kata Silawane, pelaksanaan vaksinasi ini sudah ada petunjuk teknisnya, seperti tercantum dalam SK Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kemenkes RI No 02.02/4/1/2021, tentang petunjuk teknis pelaksanaan vaksinasi dalam rangka penanggulangan Covid-19.

“SK itu harus menjadi acuan, agar proses vaksinasi tidak menimbulkan hal yang tidak diinginkan. Ada sekitar 14 kriteria yang tidak bisa disuntik vaksin,” ucapnmya.(S-48)