AMBON, Siwalimanews – Pimpinan OPD resmi menerima Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA) untuk melaksanakan program di tahun 2024.

DPA yang diterima masing-masing OPD jumlahnya tidak sama. Ada OPD yang mendapatkan anggaran yang besar, tapi juga ada yang mendapatkan anggaran yang sedang maupun kecil.

“Kita ingin supaya pengelolaan keuangan kita semakin baik. Nah, saya harap DPA ini benar-benarnya sudah disusun sesuai dengan apa yang kita tetapkan tahun 2024 dengan rinciannya masing-masing,” tegas walikota dalam sambutan saat menyerahkan DPA yang berlangsung di Pattimura Park, Rabu (10/1).

Menurutnya dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya, OPD mesti bersandar pada dasar yang telah diatur.

“Dasar dari pelaksanaan pembiayaan ada dalam DPA,” terang walikota.

Baca Juga: Watubun: Saniri Urimessing Minta Hentikan Pembayaran RS Haulussy

Seluruh OPD dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya terkait dengan pembiayaan anggaran, itu harus mengacu pada dasarnya.

Bapak-ibu harus diperhatikan kalau ada dinas-dinas dalam melakukan tugas pengadaan sesuai dengan DPA maka semuanya akan berjalan dengan baik,” katanya.

Jika seluruh transaksi keuangan dengan mengacu pada DPA, lanjutnya maka hal itu tentu akan membantu BPKAD dalam menjalankan tugas pengelolaan keuangan dan aset dengan baik.

Di dalam DPA, urainya sudah dicantumkan anggaran Kas dimana terdapat rencana pengeluaran per bulan, triwulan bahkan hingga satu tahun.

Untuk itu diharapkan agar seluruh anggaran di tahun 2024 bisa dikelola dengan baik untuk pembangunan Kota Ambon yang lebih baik. “Target kita tahun ini pengelolaan anggaran bisa dilakukan dengan baik. Kita tidak mengejar apa-apa, tapi kalau semua kita lakukan dengan baik. Saya yakin bahwa ingin kita dapat melakukan peningkatan status terkait opini pemeriksaan BPK,” ujarnya.

Anggaran yang dialokasikan tahun ini menurutnya bervariasi ada OPD. Ada yang kecil, tetapi itu bukan ukuran.

“Ukuran kita pengelolaan keuangan yang baik, tergantung kita memanage dan mengelolanya. Mudah-mudahan ini bisa menjadi motivasi kita untuk bekerja dengan giat,” tandasnya. (S-29)