AMBON, Siwalimanews – Sempat gagal mendarat, Pesawat Lion Air dengan nomor penerba­ngan JT 881 dari Langgur tujuan Ambon akhirnya bisa mendarat di di Bandara Internasional Pattimura, Senin (24/10) sekitar pukul 12.30 WIT.

Pesawat yang membawa puluhan penumpang tersebut lepas landas dari Bandara Karel Sadsuitubun Langgur pukul 11.30 WIT dan tiba di Bandara Internasional Pattimura pukul 12.30 terjadwal.

Pantauan Siwalima melalui data Flightradar24, sekitar pukul 12.29 WIT, pesawat telah mengambil ancang-ancang untuk mendarat.

Percobaan pertama dilakukan oleh pilot setelah mendekati runway pesawatnya sudah diketinggian 420 kaki dan bersiap mendarat.

Pilot tiba-tiba memutuskan untuk menaikan moncong pesawat diketi­nggian 4.175 kaki melintasi atas runway  dan menambah kecepatan serta ketinggian, kemudian berputar di­atas Kota Ambon untuk mencari celah kembali mendarat.

Baca Juga: Polisi Selidiki Kapal Bermuatan 35 Ton BBM Terbakar di Tulehu

Setelah berputar sekali, pukul 12.49 WIT pilot berhasil menda­ratkan burung besi diatas runway dengan selamat.

Humas PT Angkasa Pura 1 Bandara Internasional Pattimura Aditya Narandra yang dikonfirmasi Siwalima membenarkan hal tersebut.

Ia mengaku kalau pesawat Lion Air JT 881 rute Langgur-Ambon sempat gagal Mendarat.

“Sekarang sudah mendarat di Bandara Internasional Pattimura pukul 12.49 WIT,” ujarnya.

Menurutnya ketika hendak men­darat cuaca memang cerah namun angin bertiup sangat kencang, demi keselamatan penerbangan, pilot terpaksa harus kembali mengudara padahal telah mendekati runway.

“Itu karena angin, seharusnya pesawat mendarat di runway 04, di saat itu kecepatan angin 12 Knot setelah kita konfirmasi dengan AirNav Pattimura,” ungkapnya.

Sementara untuk pesawat Wings Air IW 1531 rute Dobo-Langgur-Ambon yang juga sempat berputar karena angin kencang telah mendarat dengan selamat di Bandara Internasional  Pattimura.

“Untuk Wings Air Wings Air IW 1531 juga telah mendarat pukul 13.00 WIT dengan selamat,” tandasnya singkat. (S-09)