AMBON, Siwalimanws – Gubernur Maluku Murad Ismail meminta kepada seluruh aparatur sipil negara untuk meningkatkan kinerja dalam pengabdian kepada rakyat, bangsa dan negara.

Penegasan ini disampaikan Murad pada peringatan HUT Korpri ke-49 yang dipusatkan di lapangan upacara Kalwedo di Tiakur, Kabupaten MBD, Senin (30/11).

Murad mengatakan, bangga bisa menghadiri upacara HUT Korpri di salah satu Kabupaten MBD yang berbatasan dengan dua negara.

“Saya merasa bangga bisa melaksanakan upacara Korpri di salah satu daerah perbatasan bersama-sama dengan ASN di MBD. Semoga dapat memberikan kesan dan motivasi bagi saudara-saudara sekalian untuk semakin meningkatkan pengabdian kepada masyarakat,” pinta Murad.

Peringatan HUT Korpri yang selain digelar pada tanggal 29 November itu harus menjadi momentum refleksi terhadap kinerja yang telah dicapai, sekaligus untuk menjaga dan meningkatkan solidaritas, serta soliditas anggota Korpri.

Baca Juga: Mantan Kapolda Resmikan Pastori Jemaat GPM Teratai Kasih

Meskipun peringatan HUT tahun ini dilaksanakan dalam suasana pandemi Covid-19 yang telah menimbulkan krisis kesehatan dan ekonomi, bahkan berdampak pada seluruh aspek kehidupan masyarakat.

“Disisi lain, peringatan HUT Korpri tahun ini juga kita laksanakan pada momentum agenda Pilkada secara serentak pada 270 daerah di Indonesia, termasuk di Kabupaten MBD, Seram Bagian Timur, Buru Selatan, dan Kepulauan Aru,” jelasnya.

Bertolak dari situasi dan kondisi yang dihadapi bangsa saat ini, lanjut Gubernur, peringatan kali ini mengambil tema, “Korpri Berkontribusi, Melayani dan Mempersatukan Bangsa”.

Tema HUT Korpri tahun ini menurutnya, bermaksud menunjukkan jati diri, hakikat, fungsi dan tujuan kehadiran organisasi Korpri yang dibentuk berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 82 tahun 1971 tentang Korpri.

Sebagai pedoman dalam mengemban tugas dan fungsi Korpri kedepan, saya tegaskan kepada seluruh anggota Korpri di Provinsi Maluku beberapa hal-hal penting.

Pertama, anggota Korpri harus terpanggil untuk mengambil peran dan memberikan kontribusi sesuai tugas pokok dan fungsinya, dalam penanganan covid 19 terutama untuk membantu dan melayani masyarakat dalam menghadapi krisis saat ini.

“Tugas mulia inilah yang harus saudara-saudara emban untuk memastikan negara hadir untuk melayani dan mengayomi rakyatnya,” ujarnya.

Kedua, lanjutnya, untuk menjamin pilkada berjalan secara aman, berkualitas, demokratis dan akuntabel, maka seluruh anggota Korpri harus menjaga integritas dan netralitas, serta tidak terjebak dengan prak­-tek politik praktis yang bertenta­ngan dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku, karena pada akhirnya akan merugikan diri baik sebagai anggota Korpri, maupun ASN.

“Saudara-saudara juga dapat mengiplementasikan fungsi Korpri sebagai perekat dan pemersatu bangsa yang bebas dari pengaruh dan intervensi semua golongan dan partai politik,” tandasnya. (S-39)