AMBON, Siwalimanews – Wakil Ketua DPRD Maluku Melkianus Sairdekut meminta masyarakat di Kabupaten Kepulauan Tanimbar (KKT) untuk tidak panik dan tetap mematuhi protokol kesehatan dalam mengadapi angka terkonfirmasi positif covid-19 mengalami peningkatan.

Dikatakan, peningkatan kasus terkonfirmasi covid-19 sebanyak 70 kasus memang merupakan hal baru yang bagi masyarakat Kepaulauan Tanimbar sejak kurun waktu 8 bulan.

“Karena kejadian ini baru, maka kami harap masyarakat di Kepulauan Tanimbar tidak panik menghadapi corona yang memang belakang ini mengalami sedikit peningkatan pasca dilakukannya swab massal di jajaran pemerintahan Kabupaten Kepulauan Tanimbar 70 orang kembali terkonfirmasi positif,” ujar Sairdekut, kepada wartawan, di  Ambon, Minggu (29/11).

Menurutnya,  jika kepanikan berlebihan dilakukan masyarakat KTT maka sudah pasti akan membuat semua aktivitas menjadi lumpuh sama sekali, padahal covid-19 dapat dilawan dengan menjaga protokol kesehatan dengan ketat.

Jangan sampai karena panik berlebihan membuat semua aktivitas jadi lumpuh sama sekali,” tandas Saidekut  yang juga anggota DPRD Dapil VII KTT dan MBD ini.

Baca Juga: Personil BKO Polres SBT Diberi Pembekalan

Sairdekut pun meminta pemerintah daerah Kabupaten Kepulauan Tanimbar melalui tim Gugus Tugas percepatan penanganan covid-19 untuk segera mengambil langkah-langkah cepat dalam penanganan, terutama berkaitan dengan tracing, tracking dan treatment, agar ekonomi dan sosial masyarakat juga tidak terganggu.

Selain itu, politisi partai Gerindra itu mengajak pemerintah KKT dan tim Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten untuk dapat belajar dari pengalaman kabupaten/kota lain di Maluku seperti Kota Ambon, Maluku Tengah dan Kabupaten Buru yang berupaya lakukan pencegahan dan penanganan maksimal meski belum sempurna.

“Belajarlah dari pengalaman Kota Ambon dan beberapa daerah yang bisa juga ternyata mengantisipasi masalah Covid-19 meski belum sempurna. Intinya jangan panik agar semua aktifitas ekonomi, sosial dan pemerintahan tetap berjalan baik,” tandas Eky.

Ditambahkan, jika semua masyarakat dan pemerintah bekerja sama dalam menaati protokol kesehatan, maka dalam waktu dekat covid-19 dapat berlalu dari KKT. (S-50)