AMBON, Siwalimanews – Panitia pelaksana kegiatan “Ganemo Bakudapa” yang dipimpin Diana Beruat dan Wa Hamu mulai bertugas setelah dikukuhkan oleh Lurah Kudamati Aprialdo Ditubun, di Kampung Ganemo Goga, Minggu (24/10).

Lurah Kudamati disela-sela pengukuhan mengaku, inisiatif yang diambil oleh para pemuda dan pemudi serta para RT/RW di Kampung Ganemo ini perlu mendapatkan nilai plus, sebab kegiatan “Ganemo Bakudapa” ini bener-benar merupakan satu kegiatan yang patut ditiru oleh daerah lain, di Kelurahan Kudamati, bahkan Kota Ambon.

“Kenapa demikian, karena pastinya setelah konflik sosial, saya rasa bukan hanya warga Kampung Ganemo yang baku pisah, tapi hampir disetiap daerah di kota ini juga baku pisah. Makanya tadi sempat saya singgung, kalau kegiatan ini menghadirkan RT/RW lain dari Kelurahan Kudamati, saya kira mereka juga akan tergerak untuk buat hal yang sama,” ucap Ditubun.

Lebih dari itu Ditubun berharap, kegiatan-kegiatan positif seperti yang dibuat pemuda dan pemudi Ganemo baik Muslim maupun Kristen ini dapat ditingkatkan. Mungkin dari yang sementara ini legalitas panitianya belum sah di mata hukum, tetapi seiring dengan perjalanan kegiatan ini, mungkin dengan sendirinya akan terbentuk satu Ormas Pemuda Ganemo, sehingga legalitasnya sah dimata hukum.

“Saya berharap kepenitiaan ini jadi cikal terbentuk satu perkumpulan pemuda Ganemo atau organisasi masyarakat. Kenapa demikian, saat ini tolak ukurnya kepanitiaan Ganemo baku dapa sudah mulai berjalan, tinggal kita lihat perkemba­ngannya nanti,” tandasnya.

Baca Juga: 22 Tahun Siwalima Bergerak dan Terus Berkarya

Menurutnya, jika dari kepanitiaan ini ditingkatkan menjadi satu organisasi yang sah dimata hukum, maka diyakini akan menjadi daya tarik tersendiri bagi pemuda di daerah lain untuk membuat hal yang sama.

Pasalnya, jika terbentuk satu organisasi yang sah, maka Kampung Ganemo yang dulu dicap dimana-mana sebagai daerah rawan akan terbalik menjadi daerah yang ramah, sebab para pemudanya sudah diberdayakan lewat berbagai kegiatan yang dibuat oleh organisasi ini.

“Saya menghimbau kepada pemuda dan pemuda serta semua warga Kampung Ganemo, agar hilangkan semua kebiasaan yang dapat merugikan diri sendiri. Saya juga berharap agar dari kepanitiaan ini akan hadir satu organisasi pemuda yang besar, sehingga akan berkelanjutan sampai ke anak cucu generasi berikutnya,” katanya.

Ia juga berjanji, jika nantinya kepanitiaan ini ditingkatkan menjadi satu organisasi yang sah dimata hukum, maka Kelu­-rahan Kudamati siap mendukung semua kegiatan yang dilakukan oleh para pemuda di Kampung Ganemo. (S-51)