AMBON, Siwalimanews – Kantor Wilayah Kemen­terian Agama Kota Ambon merilis jemaah calon haji yang akan diberangkatkan ke tanah suci tahun 2023 sebanyak 365 orang.

Jumlah ini lebih banyak diban­dingkan dengan yang diberang­katkan pada bulan juli 2022 lalu sebanyak 165 orang JCH.

Kakanwil Kemenag Kota Ambon, Fachrurrazy Hasanussi kepada Wartawan, di Gedung Ashari, Senin (24/10) membenarkan kalau pi­haknya telah merilis daftar JCH tahun 2023.

“Mereka kini telah mengikuti manasik atau pembinaan setiap hari Selasa dan Rabu,” terang Hasanussi.

Dirinya mengaku jumlah ini tidak lagi bergeser, baik turun maupun naik. Namun disisi lain, pihaknya ber­harap banyak akan terjadi kenaikan, paling tidak digenapi men­jadi 400 orang.

Baca Juga: Galala Bisa Juara Lomba 10 Program PKK

“Kuota saat ini (365 orang) itu masih ada campuran JCH dari daerah lain, seperti Makassar dan  kabupaten kota lain. Kalau daftar tunggu ada antrian sampai tahun-tahun berikutnya, kita berharap digenapi 400 orang, ungkapnya.

Menurutnya tahun 2023 nanti tidak berdasar­kan usia 65 ke ba­wah atau ke atas diberangkatkan. Keberangkanan akan mengikuti daf­tar antrian. “Kita hanya me­ngikuti urutan antri yang ada di­ sis­tem komputer terpadu,” jelasnya.

Dia mengaku, bahwa manasik yang dilakukan telah berjalan sejak dua bulan lalu, yang mana bukan hanya memberikan bekal tentang pengetahuan keagamaan terkait pengajian semata, tetapi sekaligus bersama pihak Dinas Kesehatan, untuk memberikan penyuluhan ter­kait pentingnya kebugaran selama melaksanakan ibadah Haji.

Selain itu. Lanjutnya Kemenag juga libatakan pihak Imigrasi dan Pemkot Ambon, Kantor Kesehatan Pelabuhan dan seluruh pihak yang masuk dalam panitia penyelenggaraan haji.

“Karena haji ini kerja semua orang dan Kemenag sebagai koor­dinator pelaksanaannya, jadi kita libatkan semua,” urainya.(S-25)