AMBON, Siwalimanews – Satu pasien terkonfirmasi positif terpapar Covid-19, meninggal dunia di Rumah Sakit Tentara Tingkat II dr J Latumeten, Senin (29/6) sekitar pukul 10.30 WIT.

Pasien berinisial YTB (55) berjenis kelamin perempuan ini masuk RST pada Sabtu (28/6) sekitar pukul 08.00 WIT dengan gejala kesadaran rendah. Setelah mendapat perawatan, tim medis kemudian melakukan tes cepat atau rapid test dan hasilnya reaktif.

Dijelaskan, setelah meninggal dunia, jenazah almarhuma kemudian di rujuk ke RSUD dr M Haulussy, kemudian tim medis mengambil swab dan diperiksa dengan metode tes cepat molekuler (TCM) untuk memastikan pasien ini terpapar atau tidak.

Hasil TCM kemudian keluar sekitar pukul 17.00 WIT dan hasilnya, almarhumah positif terpapar virus corona.

“Benar ada satu pasien positif kita meninggal dunia, almarhum adalah warga Kota Ambon,” ungkap Ketua Harian Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Maluku Kasrul Selang, kepada wartawan di Kantor Gubernur Maluku, Senin (29/6).

Baca Juga: Gustu Segera Tracking di Galunggung

Setelah hasil swabnya keluar dan dinyatakan positif kata Kasrul, tim medis kemudian menjelaskan kepada pihak keluarga terkait hasil pemeriksaan swab tersebut.

Mendengar penjelasan tim medis, pihak keluarga menerima hasil tersebut sehingga tim medis kemudian melakukan pemulasaraan jenazah untuk dimakamkan sesuai protokoler Covid-19.

“Proses pemakaman almarhumah rencananya akan dilakukan malam ini di TPU khusus Covid di Desa Hunuth Kecamatan Teluk Ambon,” ucap Kasrul. (S-39)