AMBON, Siwalimanews – Peti Jenazah milik alamarhum HK pasien Covid-19 yang dibuang keluarga ditepi jalan, hingga pukul 16.30 Wit setelah almarhum dibawah untuk dimakamkan di TPU Warasia belum juga diangkat sehingga menjadi tontonan warga sekitar.

Pantauan Siwalimanews di TKP Jalan Jenderal Sudirman terlihat puluhan warga sekitar yang menyaksikan aksi pengambilan paksa jenazah Covid-19  ini, sampai pada pamakaman belum juga meninggalkan lokasi kejadian.

Mereka bukanya kembali ke rumah masing-masing, malahan menyaksikan dari dekat peti jenazah yang masih tergeletak di pinggir jalan tanpa takut sedikitpun tertular virus ini,  dimana ada yang menyaksikan tanpa mengenakan masker, bahkan terlihat berkerumun tanpa menjaga jarak.

Bahkan akibat dari berdesak-desakan ada warga yang ingin melihat langsung peti jenazah tersebut dengan memgangnya tanpa mengenakan sarung tangan.

Sejumlah petugas relawan PMI juga terlihat melakukan penyemprotan cairan disinfektan di sepanjang jalan tempat dimana jenazah tersbeut diambil sampai pada lorong dimana jenzah tersbeut dibawah, begitupun peti jenazah yang tergeletak di jalan juga tak luput dari penyemprotan.

Baca Juga: Tambah Lagi 13 Kasus Positif di Maluku

Ama salah satu warga yang menyaksikan peristiwa itu, kepaad Siwalimanews mengatakan, kondisi seperti ini mereka tidak pusing dengan situasi covid sebab mereka penasaran dengan peristiwa yang terjadi.

“Katong seng pusing dengan keadaan saat ini, yang pastinya kita penasaran ada apa sehingga kita ingin tahu dan datang lihat,” ujar Ama.

Fausi warga Kebun Cengkeh kepada Siwalimanews juga mengaku, untuk menjaga jarak saat menyaksikan peristiwa seperti ini tak bisa diterapkan meskipin Covid-19 ini berbahaya bagi mereka jika terinveksi.

“Memang berbaya, tapi katong seng takut dengan yang namanya Covid-19,” ucapnya.

Rudi, warga lannya juga mengaku ia ingin melihat secara langsung bagaimana peti jenazah Covid-19 sehingga walaupun berbahaya yang penting ia dapat melihat bentuk dari peti jenazah tersebut.

“Tadi petugas bilang peti ini akan diangkat setelah dong balik dari pemakaman jadi sebelum dong angkat peti ini katong lihat sekali to biar rasa penasaran hilang,” tuturnya. (Mg-5)