NAMLEA, Siwalimanews – Tim Gugus Tugas Kabupaten Buru mengumumkan bertambah lagi 8 kasus baru positif Covid-19 hasil Polymerase Chain Reaction (PCR) sebanyak 8 orang. Sementara satu kasus lama atas nama Ny S, dinyatakan sembuh.

Jubir Satgas Covid-19 Kabupaten Buru Nani Rahim mengumumkan, 8 kasus baru itu menimpa 7 orang yang berdomisili di Namlea, terdiri dari dua perempuan RK (29), dan F (32), serta 5  laki-laki, SAU (22), KF (34), GT (25),  MW (30), juga ABK (43).

Sedangkan satu kasus lagi laki bujangan berusia 24 tahun, MAM, beralamat di Desa Waemangit, Kecamatan Airbuaya.

Menurut Nani Rahim, hari ini (Minggu-red) Satgas Covid-19 Kabupaten Buru menerima, hasil pemeriksaan PCR yang dikirimkan secara resmi oleh Dinas Kesehatan Provinsi Maluku.

“Dari 13 sampel yang dikirim,  8 sampel terkonfirmasi positif Covid-19. Dari 8 orang ini, 1 orang masih di Ambon karantina di Diklat Perikanan, 5 orang sudah di Silta, 2 orang besok baru di evakuasi. Ibu S  Alhamdulillah sudah sembuh,” singkat Nani Rahim.

Baca Juga: Hari Ini, Maluku Tambah 57 Kasus Positif Baru

Sementara itu, informasi yang berhasil dihimpun Siwalima dari Ambon lebih jauh menyebutkan, surat dari Dinkes Provinsi Maluku Nomor 443.33/2757.b/Dinkes, tanggal 14 Juni 2014 yang bersifat penting, diteken Meikyal Pontoh tujukan ke Kadinkes Kabupaten Buru.

Dinkes Maluku mereruskan hasil laboratorium Sampel Covid-19 yang diterima dari BTKL-PP Kelas Il Ambon dengan hasil pemeriksaan terlampir.

Dalam surat itu, Pontoh menegaskan, disampaikan informasi tersebut untuk kebutuhan penyelidikan epidemologi dan investigasi kontak traicing untuk memutuskan mata rantai penularan penyakit.

Nani Rahim mengungkapkan, satgas akan melakukan langkah tracking terhadap kontak erat 8 orang kasus positif baru ini. Tracking juga sampai kepada keluarga inti MAM di Desa Waemangit.

Dengan bertambahnya 8 kasus baru dan 1 sinyatakan sembuh, maka dari Kabupaten Buru kini terdapat 16 orang yang masih terpapar Covid-19, 6 orang sembuh dan 1 orang meninggal dunia. (S-31)