DOBO, Siwalimanews – Jamaah haji asal Kabupaten Aru, Senin (8/8) yang telah selesai menunaikan ibdah haji di tanah suci Mekkah. Dari 23 jamaah yang diberangkatkan, hanya 21 jemaah YANG KEMBALI ke Kota Dobo.

Pasalnya, 1 jamaah atas nama Haji Husni Madubun bin Abdul Jaelani meninggal dunia di tanah suci Mekkah, sementara 1 jamaah lainnya atas nama Haji Muhammad Hafiz, menderita sakit dan harus dirawat di Kota Makassar.

Bupati Aru Johan Gonga saat minta kepada para jamaah haji asal Aru, untuk merefleksikan peristiwa selama melaksanakan ibadah haji, sampai kembali ke tanah air, dan tiba kembali di Bumi Jargaria Sarkwarisa.

“Hendaknya ini direnungkan, sekaligus dijadikan pengalaman yang sangat berharga. Kita berharap para jamaah haji menceritakan peristiwa penting yang dialami, suka dukanya, kesan dan pengalaman selama menunaikan ibadah haji, dengan harapan, supaya bagi mereka yang belum menunaikan Rukun Islam yang kelima ini, mendapat bekal pengetahuan dan pengalaman, sehingga akan memperlancar jalannya ibadah haji,” pinta bupati saat menyambut kepulangan para jamaah haji di Gedung Kesenian Sitakena.

Hal ini kata bupati, bukan semata-mata karena pengorbanan yang cukup besar, baik waktu, biaya dan tenaga sejak persiapan menuju tanah suci Mekkah, hingga kembali lagi ketanah air, melainkan predikat/gelar yang disandang sebagai haji, harus mampu memberikan contoh dan keteladanan dalam kehidupan bermasyarakat di lingkungan masing-masing.

Baca Juga: Dituding Back Up PETI di Gunung Botak, Ini Jawaban Polda Maluku

Selain itu, pencerminan sikap perilaku sebagi haji yang mabrur, merupakan tanggung jawab iman bagi jamaah sekalian guna meningkatkan amal perbuatan yang baik, khusus kepedulian dalam kegiatan keagamaan dan kegiatan sosial kemasyarakatan.

“Ini agar dapat terwujud tatanan masyarakat yang baik dan teratur, serta mampu mengamalkan ajaran dan nilai-nilai agama Islam,” ucap bupati.

Pada kesempatan itu, bupati juga menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang sebesar-besarnya kepada seluruh penyelenggara urusan haji, panitia pemberangkatan dan pemulangan haji Kabupaten Aru pada kegiatan haji tahun ini.

“Semoga Allah SWT, Tuhan Yang Maha Kuasa akan berikan pahala yang setimpal dengan amal pelayanan bapak/ibu sekalian. Sekali lagi atas nama pribadi dan keluarga saya dan wakil bupati bersama semua jajaran pemkab mengucapkan selamat datang di Bumi Jargaria Swarkwarisa serta ucapan selamat berbahagia atas pelaksanaan ibadah haji kiranya amal ibadahnya di terima oleh Allah SWT,” tandas bupati. (S-11)