AMBON, Siwalimanews – Dalam menyambut bulan Suci Ramadhan 1441 Hijriyah, dimana seluruh umat Islam akan melaksanakan Ibadah Puasa serta Ibadah Sholat Tarawih, maka Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan (Satgas Pamtas) Yonif Raider Khusus 732/Banau menggelar bakti sosial.

Bakti sosial ini dilaksanakan serentak dan menyuluruh oleh pos-pos satgas yang berada di wilayah Maluku, bekerja sama dengan aparat desa serta aparat keamanan setempat.

Adapun kegiatan yang dilaksanakan mulai dari pembagian masker gratis bagi masyarakat sekitar, penyemprotan disinfektan dalam rangka memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di rumah-rumah masyarakat dan tempat umum serta tempat ibadah dan pengobatan gratis yang dilaksanakan dari rumah ke rumah.

Kegiatan ini diharapkan, dapat membantu masyarakat di wilayah sekitar pos serta menjalin hubungan kemanunggalan antara TNI dengan rakyat.

Dansatgas Yonif RK 732/Banau, Letkol inf Suhendar Suryaningrat menjelaskan, kegiatan ini merupakan program satgas serta rangkaian dari HUT Batalyon ke-68 yang dilaksanakan di satuan maupun di penugasan dalam rangka kemanusiaan, dan peduli terhadap sesama.

Baca Juga: Tertutup Awan, Hilal di Ambon tak Terlihat

“Dengan diadakan kegiatan ini diharapkan bisa bantu masyarakat yang masih di wilayah binaan Pos Satgas Yonif RK 732/Banau dalam mencegah dan menanggulangi wabah ini. Kegiatan ini serentak dilaksanakan 23-26 April secara masif diseluruh  pos-pos Satgas Yonif RK 732/Banau,” tuturnya.

Sementara itu di Desa Kairatu, Dusun Waitasi, Satgas Yonif RK 732/Banau yang dipimpin Letda Ckm Rahmat melaksanakan penyemprotan disinfektan di tempat-tempat ibadah dan tempat-tempat umum, pembagian masker, pengobatan gratis secara door to door.

“Kegiatan ini dalam rangka menyambut bulan Suci Ramadhan 1441 H dan upaya untuk mencegah penyebaran Covid-19, di Kabupaten Seram Bagian Barat,” ujar Letda Ckm Rahmat.

Kegiatan ini, kata dia, disambut baik oleh masyarakat di wilayah Kabupaten Seram Bagian Barat, khususnya di Desa Kairatu, Dusun Waitasi.

Kepala Dusun Waitasi Desa Kairatu, Acim mengungkapkan pihaknya merasa terbantukan dengan kegiatan yang dilaksanakan oleh Satgas Yonif Raider Khusus 732/Banau di dusun mereka.

“Ketakutan kami dengan Covid-19 bisa diatasi oleh bapak-bapak yang datang dari Kairatu, ditambah pengobatan yang dilaksanakan sangat disambut warga dengan antusias,” tandas Acim. (S-21)