BULA, Siwalimanews- Anggota Komisi C DPRD SBT Hasan Day, minta Pelaksana tugas Kepala Dinas Pendidikan Sidik Rumalowak, untuk mengevaluasi penempatan guru di kabupaten tersebut.

Permintaan ini dismapaikan Hasan, dikeranakan masih terjadi penumpukan guru di sejumlah sekolah, sementara ada sekolah yang alami kekurangan guru.

“Ini penting untuk dievaluasi sebab yang terjadi di beberapa sekolah dasar yang ada di Kecamatan Bula kelebihan guru, sementara di kecamatan lainnya masih terjadi kekosongan,” tandas Hasan kepada Siwalimanews di Bula kemarin.

Dikatakan, masih saja terjadi kekurangan tenaga guru di sejumlah sekolah, dikerenakan  penyebaran yang tidak merata, seperti sekolah di Desa Kamar, Desa Sumbawa di Kecamatan Kilmury serta beberapa sekolah lainnya yang ada di Kecamatan Teor maupun Wakate.

Dengan masih adanya penyebaran guru yang tidak merata, tentunya akan berdampak pada mutu pendidikan siswa di sekolah-sekolah ini.

Baca Juga: Lagi, Satu Mahasiswa Buru Positif Corona Versi Rapid Test

” Jika seperti ini, maka tetap akan berdampak pada mutu pendidikan serta siswa itu sendiri,” ujar Hasan.

Menurutnya,  pendidikan sangat penting , karena tidak hanya memberi pengetahuan namun juga mengajarkan setiap siswa pada sopan santun dan hal- hal yang benar.

Pendidikan juga memupuk setiap generasi untuk menjadi individu dewasa, individu yang mampu merencanakan masa depan dan mengambil keputusan yang tepat dalam hidup.

Oleh sebab itu, bila pendidikan diperoleh dengan  baik, maka akan membuat setiap siswa juga lebih manusiawi, untuk itu perlu adanya peran penting dari pemerintah kabupaten dalam hal ini Dinas Pendidikan SBT untuk melihat hal ini dengan serius.

“Dinas Pendidikan SBT miliki peran penting dalam memajukan mutu pendidikan di daerah ini sehingga generasi yang ada di Bumi Ita Wotu Nusa ini juga dapat berkembang dan maju sama seperti di daerah lain,” cetusnya. (S-47)