AMBON, Siwalimanews – DPRD Provinsi Maluku mengingatkan pemerintah daerah melalui Satuan Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 untus terus memperhatikan ketersediaan alat kesehatan bagi penanganan Covid-19.

Permintaan ini disampaikan Wakil Ketua DPRD Maluku Melkianus Sairdekut kepada wartawan di Baileo Rakyat Karang Panjang, Kamis (8/7).

Pasalnya kata Sairdekut, kondisi kehabisan tabung oksigen yang terjadi pada sejumlah rumah sakit di Pulau Jawa beberapa hari lalu, harus menjadi pelajaran bagi Satgas Penanganan Covid-19 di Maluku.

Kendati, pihak rumah sakit juga mengetahui jelas apa yang menjadi kebutuhan untuk penanganan dan penanggulangan Covid-19, namun dari sisi urgensi peralatannya sebagai lembaga pengawasan, DPRD wajib memberikan peringatan.

“Pihak rumah sakit dalam hal ini pemerintah sudah harus mengantisipasi terkait dengan stok kebutuhan peralatan yang diperlukan untuk penanganan covid-19, yang paling urgensi terutama tabung oksigen,” ucap Sairdekut.

Baca Juga: Latupono Minta Satgas Optimalkan Operasi Yustisi

Menurutnya, satgas covid-19 Provinsi Maluku harus segera mengantisipasi sehingga ketika lonjakan-lonjakan yang terjadi secara terus-menerus, maka pada waktunya banyak pasien yang membutuhkan tabung oksigen, maka kasus yang terjadi di daerah luar tidak terjadi di Maluku.

Kekurangan alat kesehatan jangan sampai menjadi kendala yang mengakibatkan pasien meninggal dunia, hanya karena tidak tersedia fasilitas tabung oksigen dan sebagainya.

“Karena itu, saya ingatkan Satgas untuk melakukan koordinasi dengan pihak-pihak penyedia jasa agar meminimalisir persoalan yang mungkin saja dapat terjadi,” cetusnya. (S-50)