AMBON, Siwalimanews – Anggota DPRD Maluku asal dapil Kota Ambon Edison Sarimanella mengingatkan Dinas PUPR untuk memperhatikan kondisi talud penahan air pada kali Wayori di Desa Passo.

“Menyangkut talud yang ada di kali wayori sudah kami minta Dinas PUPR dan Balai Sungai untuk memperhatikan persoalan disana,” ungkap Sarimanella kepada Siwalimanews usai melakukan reses di Desa Passo, Minggu (16/5).

Menurutnya, saat ini kondisi talud penahan air kali Wayori sudah sangat memprihatinkan, dimana pada beberapa bagian badan talud telah mengalami kerusakan yang cukup parah.

Kondisi kerusakan ini, telah terjadi sejak dua tahun lalu, namun belum ada tindakan nyata dari pemerintah daerah baik itu PUPR maupun Balai Sungai.

Akibatnya, pada musim penghujan seperti yang sementara melanda Kota Ambon saat ini, debit air mengalami peningkatkan dan akhirnya terjadi luapan air yang menggenangi rumah warga dan membuat kepanikan di masyarakat.

Baca Juga: Laturiuw Bantu Pembangunan Pastori Jemaat Anugerah

“Coba bayangkan curah hujan saat ini begitu tinggi  akibat terjadi luapan dan membuat masyarakat sekitar kali Wayori jadi panik,” ujar Sarimanella.

Politisi Partai Hanura ini menegaskan, jika tidak ada keberpihakan dari Dinas PUPR maupun Balai Sungai, maka kedepan dengan curah hujan yang begitu tinggi akan mengakibatkan ratusan rumah warga terendam dan masyarakat akan menjadi korban. (S-50)