AMBON, Siwalimanews – Anggota DPRD Provinsi Maluku dapil Kota Ambon Edison Sarimanela, mendesak Dinas Kesehatan untuk segera mempercepat pemberian vaksinasi bagi para pelajar terutama pada jenjang sekolah menengah pertama.

Desakan ini disampaikan Sarimanela kepada Siwalimanews, Jumat (15/10) merespon pernyataan pihak Dinas Pendidikan Kota Ambon beberapa waktu lalu yang menyatakan, proses pembelajaran tatap muka belum dapat dilaksanakan, lantaran jumlah siswa yang tervaksin belum memenuhi syarat.

“Kalau persoalannya terletak pada jumlah siswa tervaksin yang belum mencapai target, maka Dinas Kesehatan harus bergerak cepat agar siswa seluruhnya dapat divaksin,” ungkap Sarimanela.

Menurutnya, baik Dinas Pendidikan maupun Dinas Kesehatan Kota Ambon, tidak boleh hanya berbicara, tetapi tidak ada tindakan nyata di lapangan, untuk memastikan para siswa yang tervaksin dapat mencapai target 80 persen, sehingga pembelajaran tatap muka dapat dilakukan.

“Dinas Kesehatan dan Dinas Pendidikan mestinya melakukan evaluasi terhadap proses pemberian vaksinasi yang telah dilakukan, termasuk dari semua aspek termasuk kendalan yang dihadapi, sehingga siswa enggan divaksin,” tegasnya.

Baca Juga: Kadispora Optimis Medali PON Bertambah

Gerakan yang cepat kata Sarimanela, akan menentukan percepatan proses pembelajaran tatap muka pada jenjang pendidikan SMP di Kota Ambon, apalagi sampai dengan saat ini baru satu sekolah yang memenuhi syarat untuk dilakukan pembelajaran tatap muka.

Atas kondisi ini, Sarimanela berharap, Dinas Pendidikan dan Dinas Kesehatan dapat berkolaborasi dengan cepat, agar seluruh siswa SMP dapat tervaksin dan pembelajaran tatap muka di Kota Ambon dapat dilakukan dengan baik. (S-50)