KETUA TP PKK Kabupaten Maluku Tengah, Asnawiyah Sahubawa mengharapkan emansipasi kaum perempuan di Malteng dapat terus di tingkatkan dalam mendukung tugas pemerintah membina generasi muda bangsa serta juga tampil memberikan sikap tegas terhadap masalah kekerasan terhadap perempuan yang terus meningkat dari waktu ke waktu.

Harapan Istri Penjabat Bupati Malteng Rakib Sahubawa itu ditegaskannya pada peringatan hari ibu (PHI) mothers day di Masohi, Jumat (22/12) lalu.

Sahubawa menjelaskan, PHI di Indonesia esensinya bukan hanya untuk mengapresiasi jasa besar ibu, yang tentunya juga sungguh istimewa, namun lebih dari itu, untuk mengapresiasi seluruh perempuan Indonesia, atas peran, dedikasi, serta kontribusinya bagi keluarga, masyarakat, bangsa, dan negara.

“Diperingatinya Hari Ibu setiap tahunnya diharapkan dapat menjadi daya ungkit untuk mendorong semua pemangku kepentingan dan masyarakat luas, agar memberikan perhatian dan pengakuan akan pentingnya eksistensi perempuan dalam berbagai sektor pembangunan” Tandas Sahubawa.

“PHI mengingatkan kita semua bahwa keadilan, kesejahteraan dan perdamaian yang kita dambakan tidak akan pernah tercapai tanpa peran serta perempuan”Tambahnya.

Baca Juga: Awali Safari Natal Pemda, Bupati Sambangi Kecamatan TNS

Dikatakan secara nasional  tema “Perempuan Berdaya, Indonesia Maju” didasari oleh situasi dan kondisi di masyarakat saat ini, manakala persoalan kekerasan terhadap perempuan, kesenjangan akses ekonomi perempuan, dan keterwakilan perempuan dalam pengambilan keputusan masih sangat tertinggal dibandingkan laki-laki.

Namun di sisi lain, telah banyak bukti besarnya peran dan kontribusi perempuan dalam pembangunan.

“Telah banyak kaum perempuan yang memiliki peran dan posisi strategis yang awalnya terkesan mustahil dilakukan perempuan. Hal ini membuktikan bahwa perempuan, apabila diberi peluang dan kesempatan, mampu meningkatkan kualitas hidupnya secara mandiri. Perempuan dalam berbagai dimensi kehidupan berbangsa dan bernegara juga mampu menjadi motor penggerak dan motor perubahan,agent of change,” tandasnya. (S-17)