AMBON, Siwalimanews – Guna mengurangi kemacetan di Kota Ambon, maka Satuan Lalulintas Polresta Pulau Ambon dan Pulau-pulau Lease melakukan rekayasa lalu lintas, dengan memberlakukan jalur satu arah pada ruas jalan Rijali, tepatnya di depan Polda Maluku menuju Skip.

Rekayasa lalulintas dilakukan berdasarkan analisa dan data, dimana di jalan tersebut sering terjadi kecelakaan, kemudian sering terjadi kemacetan, disebabkan ruas jalan yang sempit dan semrautnya kendaraaan menuju ke Skip, dari perempatan Polda.
Selain mengurangi kemacetan di kawasan tersebut, kesemerautan lalulintas di ruas Jalan Rijali juga menjadi penyebab kemacetan di ruas Jalan Tulukabesi dan Batu Merah.

“Rekayasa lalin ini juga salah satu cara untuk mengurai kemacetan yang ada di ruas jalan lain, terutama di sepanjang Jalan Tulukabesi dan Batu Merah, dimana hasil evaluasi yang kami lihat, fakta di lapangan selama 4 hari rekayasa  berlangsung, arus lalin di sepanjang Jalan Tulukabessy lebih lancar,” jelas Kasubbag Humas Polresta Ambon Ipda Isack Leatemia kepada wartawan Selasa (26/1).

Hal ini kata Kasubbag disebabkan karena, biasanya banyak kendaraaan melewati jalur Skip-Pegadaian dan Pelni, namun saat ini, kendaraan harus mutar melalui jalan turunan wisma game, PGRI dan melalui beberapa lampu merah, sehingga ada waktu dan jarak antar kendaraan untuk sampai ke Jalan Tulukabessy.

Rekayasa yang dilakukan ini meniru yang ada di kota besar lain seperti jakarta. Untuk itu ia berharap, rekayasa yang saat ini diterapkan dapat diikuti masyarakat guna mengurangi kemacetan di Kota Ambon.

“Kami himbau seluruh masyarakat yang ada kota ini untuk bisa ikuti dan laksanakan rekayasa yang kami lakukan, karena ini demi kepentingan kita bersama dan menjadikan Ambon sebagai kota yang lebih tertib, teratur, aman, nyaman, dan berkeselamatan,” himbaunya. (S-45)

Baca Juga: Pemkab Aru Terima 1.760 Dosis Vaksin