NAMLEA, Siwalimanews – Sebanyak 2.400 dosis vaksin covid-19 jenis Sinovac yang dikirim Pemprov Maluku ke Kabupaten Buru, tiba di Kota Namlea, dengan pengawalan ketat aparat Brimob, Selasa pagi (26/1).

Ribuan dosis vaksin tersebut tiba di Namlea dengan menggunakan mobil box milik PT Pos Indonesia dan dikawal personel Brimob Polda Maluku. Kapolres Pulau Buru, AKBP Egia Febry Kusumawiatmaja dan Wakapolres Kompol Bachrie Hehanussa turut menjemput kedatangan rombongan pengantar vaksin itu saat tiba di Pelabuhan Ferry Namlea.

Turun dari KMP  Wayangan vaksin tersebut dibawa menuju Kantor Dinas Kesehatan Buru di Jalan Flamboyan Namlea. Tiba di depan Dinkes dilakukan proses penyerahan vaksin dari Kasie Kefarmasian Dinkes Maluku, Yoria Sangadji kepada Kasie Falmalkes Dinkes Buru, Nurasma.

Selanjutnya vaksin tersebut diturunkan dari mobil dan dibawa masuk ke ruang satgas untuk kemudian disimpan dalam tempat khusus penyimpanan vaksin yang telah disiapkan.

“Listrik harus nyala terus. Jangan sampai padam, karena vaksin ini butuh suhu 2 derajat celsius,” tandas Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Buru, Hadi Zulkarnaen.

Baca Juga: 475 Warga Terjaring Operasi Yustisi PSBB XIII

Kabid P2M, Nani Rahim dan Kasie P2M, Danny Drachman turut menyaksikan serahterima vaksin tersebut.

“Vaksin yang tiba tahap awal ini sebanyak 2.400. Jumlah  nakes 1.162 orang yang siap divaksin,”jelas Nani Rahim, jubir satgas.

Selain mengantar vaksin jatah untuk Pemkab Buru, di dalam mobil box tertutup tersebut, PT Pos Indonesia juga ada mengantar jatah untuk Kabupaten Buru Selatan sebanyak 1.400 vaksin.

Usai menurunkan jatah Pemkab Buru, rombongan Dinkes Maluku kemudian melanjutkan perjalanan melalui darat menuju Namrole, ibukota Kabupaten Buru Selatan. Pengawalan ketat juga masih diterapkan bahkan, Wakapolres Pulau Buru turut mengawal rombongan.

Kapolres AKBP Agus Febry Kusumawiatmaja di sela kedatangan vaksin itu menjelaskan, kalau dirinya bersama Wakapolres telah siap jalani vaksin di hari pertama saaat proses vaksinasi tahap pertama pada, Sabtu (30/1).

Kapolres akan mendampingi Bupati Buru, Ramly Ibrahim Umasugi dan rombongan forkopimda untuk divaksin perdana di aula Kantor Bupati.

Sedangkan Wakapolres akan jalani vaksin di Namrole bersama Bupati Bursel, Tagop Sudarsono Soulissa.

Usai vaksin tahap pertama, maka vaksin tahap kedua yang melibatkan tenaga kesehatan (nakes) juga akan diikuti tiga nakes dari Polres Pulau Buru.Sedangkan personel kepolisian lainnya diagendakan divaksin pada tahap ketiga.

“Saya himbau masyarakat di wilayah kerja Polres Buru agar mensukseskan program vaksinasi Covid ini. Saya juga berharap masyarakat tidak termakan banyak berita hoax dan mau ikut divaksin demi kebaikan bersama. (S-31)