AMBON, Siwalimaews – Wakil Kepala Kejaksaan Tinggi Sumatera Selatan Agoes Soenanto Prasetyo resmi dilantik dan diambil sumpahnya oleh Jaksa Agung ST Burhanuddin sebagai Kepala Kejaksaan Tinggi Maluku menggantikan Edyward Kaban yang dipromosikan menjadi Inspektur IV pada Jaksa Agung Muda Bidang Pengawasan Kejaksaan Agung.

Agoes Soenanto Prasetyo, dipromosikan sebagai Kepala Kejaksaan Tinggi Maluku berdasarkan Surat Keputusan Jaksa Agung Nomor 272 tahun 2023 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan dari dan dalam Jabatan Struktural Pegawai Negeri Sipil Kejaksaan Republik Indonesia.

Jaksa Agung dalam sambutannya pada pelantikan tersebet menjelaskan, pengangkatan, penempatan, dan alih tugas pejabat di lingkungan kejaksaan merupakan keniscayaan dari kebijakan suatu organisasi.

“Hal ini perlu dimaknai sebagai bagian dari serangkaian proses perjalanan organisasi yang harus terus berjalan seiring tuntutan dan kebutuhan zaman,” ujar Burhanuddin saat pelantikan yang berlangsung di Lantai 11 Gedung Utama Kejaksaan Agung Republik Indonesia, Selasa (31/10).

Pada kesempatan itu Burhanudin juga minta kepada seluruh insan Adhyaksa, untuk menjaga dan memelihara netralitas selama tahapan Pemilu 2024. Upaya itu dapat dilakukan dengan tidak menunjukkan keberpihakan secara langsung, maupun tidak langsung, termasuk menyampaikan dukungan kepada pasangan calon di media sosial, apalagi menyalahgunakan jabatannya dalam memenangkan pasangan calon tertentu.

Baca Juga: Kaum Bapak Katolik Gelar Rally Rosario

Untuk itu, Burhanuddin memerintahkan insan Adhyaksa untuk pedomani instruksi Jaksa Agung Nomor 6 tahun 2023 tentang Optimalisasi Peran Kejaksaan Republik Indonesia dalam mendukung dan menyukseskan penyelenggaraan Pemilu serentak tahun 2024.

“Sekali lagi saya tegaskan, jaga netralitas dan imparsialitas. Jangan coreng nama baik Kejaksaan,” tandas Burhanuddin.

Burhanuddin juga berpesan bahwa, mutasi dan promosi jabatan, merupakan sebuah amanah yang harus disikapi dengan kerja keras, kerja cerdas, dan kerja dari hati, sebab diyakini penempatan pada posisi baru akan semakin memberikan nilai tambah dan manfaat bagi kemajuan institusi.

“Sekali lagi, saya mengucapkan selamat bertugas kepada pejabat yang baru saja dilantik, selamat menjalankan tugas dengan penuh tanggung jawab dan tegak lurus terhadap tugas dan kewenangan,” pesan Burhanuddin.

Hadir dalam pelantikan tersebut yakni, Ketua Komisi Kejaksaan RI, Wakil Jaksa Agung, para Jaksa Agung Muda, Kepala Badan Pendidikan dan Pelatihan Kejaksaan RI, Para Staf Ahli Jaksa Agung, Ketua Umum Ikatan Adhyaksa Dharmakarini pusat beserta anggota, para pejabat eselon II, III, dan IV di Lingkungan Kejaksaan Agung Republik Indonesia.(S-26)