AMBON, Siwalimanews – Empat minggu tanpa kasus, Kota Ambon kembali ke zona hijau dan berada di level I.

“Sudah empat pekan, atau satu bulan penuh ini kita nol kasus, sekarang Kota Ambon sudah berada di zona hijau,” kata Walikota Ambon, Richard Louhenapessy, kepada wartawan di Ambon, Minggu (16/1).

Menurut Walikota, Ambon sudah lama berada di PPKM level I, namun secara resmi pada tanggal 9 Januari 2022, telah masuk zona hijau.

“Itu artinya, selama sebulan  penuh tidak ada yang terkonfirmasi, tidak ada yang dirawat. Ini patut kita syukuri dan harus tetap dipertahankan,” ujarnya.

Meski di zona hijau, ia Walikota mengatakan, target vaksinasi 100 persen harus dikejar untuk sasaran 305.978 jiwa masyarakat.

Baca Juga: Februari SD Laksanakan Pembelajaran Tatap Muka

Untuk vaksinasi dewasa ditargetkan 274.194 jiwa dan hampir mencapai 95 persen, sedangkan anak-anak usia 6 -11 tahun dengan target 31.784 jiwa, dalam kick-off vaksinasi selama tiga hari, telah mencapai 47,54 persen.

Untuk mencapai target vaksinasi anak di bulan Januari ini, tambah Walikota, Pemerintah Kota Ambon, akan kembali laksanakan vaksinasi massal yang dimulai dengan sosialisasi OPD, kepada orang tua yang anaknya belum divaksin.

Penyuntikan Booster

Walikota menambahkan Februari mendatang akan dilaksnakan penyuntikan Booster tahap ketiga.

“Kita sudah zona hijau, kita sudah di level I, kemudian tingkat presentasi vaksinasi sudah tinggi,” katanya. (S-52)