AMBON, Siwalimanews – Pelaksana tugas Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Maluku, Roy Syauta mengaku, penyelenggaraan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) tingkat Provinsi Maluku tahun 2020 telah dilaksanakan sejak 14 Februari 2020 dengan melibatkan 1.250 orang.

Ribuan orang yang terlibat ini, berasal dari unsur TNI/Polri, OPD di Lingkup Pemprov Maluku dan Kota Ambon, LSM/Pemerhati Lingkungan, pelaku usaha, pelajar SMU/SMK se-Kota Ambon dan masyarakat.

Rangkaian kegiatan HPSN ini difokuskan pada tiga aksi di Kota Ambon. Ketiga aksi tersebut masing-masing, aksi bersih sampah pesisir pantai di Desa Poka dan Negeri Laha, aksi bersih pada lima aliran sungai yaitu, Wairuhu, Wai Batu Merah, Wai Tomu, Wai Batu Gajah, dan Wai Batu Gantung.

“Di waktu yang sama, pemerintah kabupaten/kota juga melakukan aksi yang sama, dimana sampah yang berhasil dikumpulkan pada aksi bersih tersebut sebanyak 208,88 ton,” ujar Syauta  saat peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2020 yang dipusatkan di pesisir pantai sisi selatan Runway 04 Bandatara Pattimura, Ambon, Jumat (28/2).

 

Baca Juga: Prajurit Tuah Sakti Bantu Renovasi Rumah Pendeta

Aksi bersih lainnya kaya Syauta, yakni underwater clean up di Pantai Negeri Laha, sebagai salah satu spot diving terbaik di Maluku yang banyak dikunjungi wisatawan domestik dan manca negara.

Kegiatan lainnya dalam memperingati HPSN 2020 adalah penanaman pohon trembesi sebanyak 200 batang pada ruas jalan sepanjang sisi utara Bandara Pattimura menuju Negeri Hatu dan penanaman pohon mangrove sebanyak 400 pohon di sepanjang Pantai Desa Poka.(S-39)