AMBON, Siwalimanews – Kodam XVI/Pattimura, melalui Paldam XVI/Pattimura, memus­nahkan ribuan amunisi bahan peledak.

Pemusnahan berlangsung di Kampung Banda, Desa Suli, Maluku Tengah, selama dua hari, yakni Rabu (7/6) hingga Kamis (8/6).

Kapendam XVI/Pattimura, Letkol Arh Agung Sinaring M mengatakan, amunisi bahan peledak tersebut merupakan pengembalian akhir dari satuan pemakai yang sudah berstatus rusak berat. “Pemusnahan ini bertujuan agar, amunisi tersebut tidak disalahgunakan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab,”jelas Kapendam.

Adapun Muhandak yang dimusnahkan yakni  479.786 butir yang masing masing, Amunisi Kaliber Kecil (MKK) sebanyak 474.252 butir, Amunisi Kaliber Besar (MKB) 208 butir dan Amunisi Khusus (Musus) sebanyak 5.326.

“Metode yang digunakan dalam kegiatan pemusnahan yaitu, pembakaran untuk Amunisi Kalibar Kecil, sedangkan Amunisi Kaliber Besar dan Amunisi khusus, dimusnahkan dengan metode peledakan,”ungkapnya.

Baca Juga: BPJN Bangun Jalan Lingkar Marsela 34 KM

Kegiatan pemusnahan ini, dipimpin langsung Kapaldam XVI/Pattimura, Kolonel Cpl Antonius Hermawan dan disaksikan Pabanda Dokakum BTB Paban VII/BMN Slog TNI Mayor Caj Mulyadi. (S-10)