AMBON, Siwalimanews – Proses penerimaan siswa di SMA Siwalima yang telah dilakukan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Maluku akan segera dievaluasi.

Rencana evaluasi terhadap tahapan penerimaan siswa SMA Siwalima dipastikan langsung Wakil Ketua Komisi IV DPRD Provinsi Maluku, Rovik Akbar Afi­-fuddin kepada Siwalima, melalui telepon selulernya, Sabtu (10/6).

Komisi IV dan Dinas Pendidikan kata Rovik, sejak awal berkomitmen jika SMA Siwalima hanya dikhususkan kepada siswa berprestasi yang berasal dari keluarga kurang mampu

“Kemarin kita dapat infomasi sudah dilakukan penerimaan siswa baru dan sudah selesai dilakukan tes masuk, tapi elum tahu siapa saja yang diterima, apakah meme­-nuhi syarat yang kita sepakati atau tidak,” ungkap Rovik.

Menurutnya, komisi akan mengevaluasi sebab SMA Siwalima dibiayai dengan APBD mulai dari tempat tidur, makan, baju, sepatu dan lainya.

Bila operasional sekolah bayar dengan APBD tetapi yang menikmati adalah anak yang orang tuanya memiliki kemampuan apalagi pejabat dan anggota DPRD maka hal ini tidak boleh terjadi.

Lanjutnya, kalau anak pejabat ingin sekolah yang bagus maka carilah sekolah unggulan lain dan biarkan sekolah tersebut untuk anak dengan kemampuan akade­miknya bagus tapi orang tuanya tidak mampu yang terdistribusi merata di sebelas kabupaten dan kota. “Ini akan jadi bahan evaluasi kita, apakah dia mengakomodasi semua kabupaten dan Kota, apakah dia adalah orang kurang mampu, kita sudah kasih tahu,” tegasnya.

Rovik menegaskan, jika hasil evaluasi ternyata terdapat siswa yang tidak sesuai dengan kesepakatan maka harus dilakukan seleksi ulang sehingga dikembali­kan pada peruntukannya. (S-20)