NAMLEA, Siwalimanews – Rektor Universitas Iqra Buru, Moh Sehol mengaku, sebanyak 17 program studi pada 8 fakultas di universitas ini semuanya telah terakreditasi.

Rektor mengaku, seiring dengan tuntutan penjaminan mutu, salah satumya diukur dari terakreditasinya program studi dan istitusi, maka baru saja terbitnya hasil akreditasi Prodi Komunikasi Penyiaran Islam dan Pendidikan Agama Islam pada Fakultas Agama Islam Uniqbu pada akhir bulan Juni lalu.

Dengan terakreditasinya dua program studi tersebut, maka semua program studi yang ada di Uniqbu telah terakreditasi secara paripurna.

“Terakreditasinya kedua prodi FAI tersebut, merupakan karunia dan rahmat Allah yang tiada terkira, mengingat telah dua angkatan mahasiswanya belum dapat diwisuda akibat problem akreditasinya sejak tahun 2017,” ungkap rektor.

Untuk itu, apresiasi dan terimakasih yang sebesar-besamya disampaikan kepada Dekan FAI dan komponennya atas jerih payah siang malam dalam pencapaian yang diperolehnya.

Baca Juga: 177 Mahasiswi Iqra Buru Diwisuda Daring

Hingga saat ini, 17 prodi di lingkup Uniqbu rata-rata masih akreditasi C, dan baru I prodi yang terakreditasi B, yaitu prodi Pengelolaan Sumberdaya Perairan.

Dalam progres peningkatan nilai akreditasi, terdapat 5 prodi yang mengajukan reakreditasi sejak tahun lalu, dan dua prodi diantaranya telah mendapat surat dari BAN PT untuk pelaksanaan visitasi pada pertengahan dan akhir bulan ini.

Berkat bantuan program dukungan penuh LLDikti wilayah 12 dan program pendampingan dari UMI Makassar tahun lalu, kelima prodi telah berupaya seoptimalnya untuk meningkatkan nilai akreditasinya.

“Semoga hal ini bisa tercapai kiranya setelah proses visitasi nantinya,” ucapnya. (S-31)