AMBON, Siwalimanews – Balai Pelaksanaan Jalan Nasio­nal Maluku sukses membangun jalan lingkar di Pulau Marsela sepanjang 34,50 km yang merupakan wilayah terdepan, terluar dan tertinggal (3T) di Maluku.

Kepala Satuan Kerja Wilayah III BPJN Maluku, Toce Leuwol kepada Siwalima, Minggu (11/6) menga­-takan BPJN Maluku semakin gencar melakukan pembangunan infrastruktur di daerah 3T.

Dari sisi geografis menurutnya Pulau Marsela berada di daerah terdepan dan terluar, maka kehadiran BPJN dengan memacu pembangunan infrastruktur jalan dan jembatan, memberikan harapan baru bagi masyarakat setempat.

“Pembangunan jalan lingkar Marsela sepanjang 34,50 km. Di Tahun anggaran 2022-2023, penanganan jalan lingkar Pulau Marsela dibangun melalui Satker PJN Wilayah III Maluku menangani peningkatan struktur jalan sepanjang 19.95 km dan rehabilitasi minor jalan sepanjang 3.35 km dengan nilai kontrak 72 milyar lebih,” ujarnya.

Lanjutnya, paket preservasi jalan di Pulau Marsela dikerjakan kon­-traktor dari PT. Sinar Sama Sejati dengan Konsultan Pengawas PT. Nusvey KSO PT. Cipta Strada dan PT. Prima Nurkele Konsultan.

Baca Juga: Penyuluh Pertanian Maluku Berkurang

Alhasil, paket preservasi jalan di Pulau Marsela tahun Tahun 2022-2023 tersebut sukses dikerjakan di lapangan sehingga perlahan akses transportasi masyarakat mulai terbuka.

Leuwol berharap dengan fasili­-tas jalan yang sudah dibangun oleh BPJN Maluku di Pulau Mar­-sela, dapat memberikan harapan baru bagi masyarakat guna meng­-atasi kendala transportasi dan mem­perkuat ekonomi masyarakat untuk meningkatkan taraf hidup.

Sementara itu, Camat Pulau Masela, Cost A. Aswaly menyampaikan terima kasih dan akan terus melakukan pengawasan terhadap pekerjaan Jalan hotmix di Pulau Masela.

“Pantauan kami, pekerjaan jalan yang oleh BPJN Maluku khususnya Pa Toce Leuwol dari PJN Wilayah III Provinsi Maluku tergolong cepat dan kualitas jalan sangat baik. Diharapkan pekerjaan jalan ini bisa segera selesai dengan tetap memper­tahankan kualitas pekerjaannya,” ungkap Aswaly.

Terpisah, tokoh masyarakat Desa Ilbutung, Matheus Engkesa juga menyampaikan apresiasi terhadap pekerjaan jalan lingkar Pulau Masela. “Bagi Kami BPJN Maluku sangat berpengalaman. kehadiran  jalan bagi kami masyarakat Pulau Masela dapat menikmati sangat membantu,” tutupnya. (S-20)