AMBON, Siwalimanews – Dipastikan besok, Rabu (13/1), Satgas Covid-19 Maluku mulai mendistribusikan vaksin ke  8 kabupaten/kota yang akan melakukan vaksinasi massal pada 15 Januari.

8 kabupaten/kota tersebut masing-masing, Kota Ambon, Kabupaten Seram Bagian Barat, Maluku Tengah, Buru, Kota Tual, Maluku Tenggara dan Kabupaten Kepulauan Aru.

“Kalau untuk Kabupaten Buru Selatan, KKT dan Seram Bagian Timur distribusinya akan dilakukan pada 14 Januari,” jelas Jubir Satgas Covid-19 Maluku dr Dony Rerung dalam keterangan persnya di lantai VI Kantor Gubernur, Selasa (12/1)

Proses pendistribusian vaksin ini sendiri kata Rerung, akan dikawal ketat oleh aparat keamanan dari Polda Maluku dan polres jajaran.

”Kita akan lakukan pengawasan mulai keluar dari gudang penyimpanan milik Dinas Kesehatan sampai ke masing-masing kabupaten, termasuk petugas BPOM sendiri,” ujar Rerung.

Baca Juga: RSUP Leimena Ditetapkan Jadi Lokasi Vaksinasi

Ditempat yang sama Kabag Ops Polda Maluku AKBP Legawa Utama menambahkan, pengawalan vaksin ini akan dilakukan mulai dari gudang penyimpanan akan dikawal 2 personel menuju bandara atau pelabuhan penyeberangan.

”Setelah tiba, akan dilakukan serah terima ke anggota di masing-masing kabupaten/kota dan di kawal lagi sampai ke lokasi tempat penyimpanan,” jelas Legawa.

Secara keseluruhan pada 11 kabupaten/kota tambah Legawa terdapat 52 personel polri yang diterjunkan untuk mengawal pendistribusian vaksin ini. (S-39)